Kenapa Daihatsu Hi-Max Tak Selaris Gran Max Pickup ?

RiderTua.com – Mobil – Kenal dengan Daihatsu Hi-Max? Sebenarnya model ini merupakan pikap yang diandalkan oleh pabrikan mobil tersebut. Namun entah mengapa Hi-Max kurang populer di Indonesia. Bahkan ia dikalahkan oleh pikap Gran Max. Kenapa Daihatsu Hi-Max tak selaris Gran Max Pickup.

Baca juga: Daihatsu Sudah Buka Inden Untuk Taft ‘Reborn’

Kenapa Daihatsu Hi-Max Tak Selaris Gran Max Pickup ?

Sebenarnya Hi-Max dan Gran Max Pickup (termasuk Luxio) masih satu turunan dari Daihatsu Hijet. Artinya ‘dinasti’ mobil penumpang ini sudah berjalan selama puluhan tahun di Indonesia. Lalu bagaimana keadaan keduanya sekarang?

Ternyata keadaannya cukup membuat banyak orang heran. Hi-Max rupanya tak selaku Gran Max Pickup ataupun dengan pesaing sekelasnya. Bahkan melansir autonetmagz.com (07/04/2020), penjualannya sudah tak tercatat lagi oleh Gaikindo.

Tahun lalu saja Hi-Max terjual sebanyak 96 unit saja, sementara Gran Max Pickup bisa lebih dari itu. Padahal Hi-Max pernah menjual hingga 1.047 unit di tahun 2016. Tapi angka tersebut terus menurun dari tahun ke tahun, dan yang terparah mungkin di tahun ini.

Lalu bagaimana bisa Hi-Max tak selaris Gran Max Pickup? Rupanya keduanya memiliki selisih harga yang cukup tipis. Apalagi Hi-Max punya kapasitas mesin lebih kecil dari kakaknya. Dari modelnya memang cukup bagus, namun ia malah kalah saing dari New Suzuki Carry.

Dengan ini maka Astra Daihatsu Motor (ADM) sepertinya harus menyetop penjualan Hi-Max. Karena bisa terlihat dari hasil penjualannya di bulan ini yang hanya nol. Entah mengapa ini seperti Hi-Max ‘dikorbankan untuk’ Gran Max Pickup.

Be the first to comment

Leave a Reply