Nasib Pekerja Nissan Setelah Pabrik Produksinya Ditutup

Pabrik Nissan di Jepang Diijinkan Produksi Lagi

RiderTua.com – Mobil – Nissan Motor Indonesia (NMI) mengumumkan bahwa mereka tak memproduksi mobil lagi. Walau begitu, mereka masih terus berjualan dan memastikan layanan purnajualnya tetap berjalan. Namun entah bagaimana nasib pekerjanya nanti. Nasib pekerja Nissan setelah pabrik produksinya ditutup.

Baca juga: Nissan Indonesia Setop Produksi Mobil, Kok Bisa ?

Nasib Pekerja Nissan Setelah Pabrik Produksinya Ditutup

Melansir otosia.com (21/03/2020), pabrik yang akan ditutup adalah pabrik produksi mobil Datsun. Sebenarnya tak hanya Datsun, tetapi juga sebagian kecil mobil dari Nissan. Meskipun Livina kini dirakit oleh Mitsubishi.

Dengan penutupan pabrik ini, maka tentu akan berdampak pada pekerjanya. Mengenai nasib karyawannya, NMI belum mau berkomentar banyak soal itu. Entah apakah akan dialihkan ke pabrik Mitsubishi atau lainnya.

Rencana penghentian produksi ini merupakan salah satu rencana yang diputuskan oleh pihak prinsipal. Saat ini Nissan tengah mencari cara agar bisa bertahan dari keterpurukan akibat penurunan penjualan yang didapat akhir-akhir ini. Sehingga cara tersebut harus dipilih.

Nissan terus diterpa dengan berbagai masalah seperti penjualan mobil yang menurun akibat keadaan pasar yang tak stabil. Datsun juga ikut kena imbasnya, dan harus menghentikan produksinya di Indonesia hingga Rusia. Memang penjualan Datsun juga ikut menurun, meskipun berada di segmen dengan peminat cukup banyak.

Walau berhenti produksi, NMI masih bisa mengandalkan aliansi dengan Mitsubishi-Renault. Untuk mendapat unitnya memang harus mengimpor dari Jepang, tapi sepertinya itu bukan menjadi masalah.

Be the first to comment

Leave a Reply