Firefly atau Kunang-kunang: ‘Api Dingin’ Ternyata ada di Dunia!

Firefly atau Kunang-kunang

Firefly atau Kunang-kunang.. Di waktu kecil kita tentunya pernah melihat serangga bersinar ini, nam Inggris-nya Firefly atau api terbang hehe… Kenapa kunang-kunang bersinar? Ternyata itu adalah hasil dari reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh mereka loh.

Firefly atau Kunang-kunang

Kunang-kunang mengandung bahan kimia di perut mereka yang disebut luciferin. Ketika bahan kimia itu bergabung dengan oksigen dan enzim luciferase, reaksi kimia selanjutnya menyebabkan perut mereka menyala.

Cahaya nya sendiri disebut bioluminescence, cahaya kimia yang dihasilkan oleh reaksi di dalam organisme hidup. Bioluminesensi lebih umum ada di mahkluk hidup bawah laut (beberapa spesies jamur, ikan dan satwa liar laut lainnya).

Api Dingin atau Cahaya Dingin

Bioluminescence merupakan “cahaya dingin” … tidak menghasilkan panas, tidak seperti seperti cahaya bola lampu.

Firefly atau Kunang-kunang

Fungsi Cahaya Kunang-kunang?

Tuhan Maha Besar dengan segala ciptaanNya. Kenapa kunang-kunang bersinar ..

  • Untuk menarik perhatian para kunang-kunang betina.. Kunang-kunang jantan yang melakukan flashing cahaya di tubuhnya. Mencoba untuk pamer pada betina, infonya ada lebih dari 2.000 spesies kunang-kunang. Kunang-kunang jantan ‘menyalakan’ perutnya pada kecepatan atau panjang gelombang tertentu, dan ketika kunang-kunang betina melihat seekor jantan dari spesiesnya sendiri yang bersinar dengan cara tertentu, dia akan merespons dengan cahayanya sendiri.
  • Kedua untuk memikat mangsa. Bahkan tak jarang yang betina memakan kunang-kunang jantan untuk dijadikan makan malam.
  • Ketiga untuk mencegah predator. Kunang-kunang dipenuhi dengan bahan kimia yang disebut lucibufagins, cairan yang mengerikan. Ketika predator melihat kunang-kunang bercahaya ada rasa takut. Cahaya kunang-kunang ini sebenarnya memperingatkan calon predator untuk menjauh.

Be the first to comment

Leave a Reply