Suzuki akan Berikan Varian Mild Hybrid untuk Swift Sport ?

RiderTua.com – Mobil – Swift Sport merupakan versi terkencang dari hatchback Swift. Model ini cukup populer di negara Eropa, terutama Inggris, walau di Indonesia sudah tak dijual lagi. Kabarnya Suzuki akan menawarkan varian hybrid untuk mobil tersebut. Suzuki akan berikan varian mild hybrid untuk Swift Sport.

Baca juga: Suzuki Tambah Fitur Terbaru untuk Ertiga, Apa Saja ?

Suzuki akan Berikan Varian Mild Hybrid untuk Swift Sport ?

Melansir autonetmagz.com (20/03/2020), Swift Sport ditenagai mesin 1.400 cc turbo Boosterjet. Nantinya mesin tersebut dikawinkan dengan teknologi mild hybrid 48V. Otomatis model ini akan menggunakan baterai lithium-ion dengan Integrated Starter Generator yang diletakkan pada bawah kursi penumpang.

Penambahan teknologi hybrid ini rupanya malah membuat tenaga yang dihasilkan menurun, dari 138 hp ke 129 hp. Sebaliknya torsinya yang naik dari 230 Nm ke 235 Nm. Dengan begitu, Swift Sport Hybrid bisa memberikan kemampuan akselerasi lebih baik.

Selisih perbedaan tenaga dan torsi yang dihasilkan cukuplah besar. Pengurangan pada tenaganya lebih besar dari torsi yang ditambahkan. Tapi Swift Sport mampu berakselerasi 0-100 km/jam selama 9,1 detik, dengan kecepatan maksimal 210 km/jam.

suzuki-swift-sport
(foto: Jackson Motor Company) suzuki-swift-sport

Dengan tenaga yang menurun akibat adanya hybrid ternyata tak menjadi masalah bagi Suzuki. Swift Sport sejatinya tidak terlahir sebagai hot hatch alias hatchback bertenaga kencang. Suzuki lebih mengutamakan ‘fun-to-drive’ pada model ini.

Lalu kenapa hanya ditujukan ke Inggris? Sudah jelas kalau mobil ramah lingkungan, termasuk hybrid, yang lebih ‘difavoritkan’. Apalagi dengan adanya regulasi emisi yang cukup ketat disana, membuat Suzuki menawarkan alternatif kepada konsumen Swift Sport di Negeri Big Ben. Entah apakah model ini bisa dibawa ke negara di luar Benua Eropa.

Be the first to comment

Leave a Reply