Mazda: Jualan Sedan di Indonesia Agak Sulit…

2018-mazda-3-sedan
(Foto: Mazda USA) 2018-mazda-3-sedan

RiderTua.com – Mobil – Mazda sudah cukup aktif berjualan di Indonesia. Kebanyakan mengandalkan mobil SUV, tapi tak jarang juga memperhatikan model sedannya. Namun Mazda mengaku kalau jualan sedan di Tanah Air cukup sulit. Mazda: jualan sedan di Indonesia agak sulit…

Mazda6
Mazda6 2014 foto: Cars.com
Baca juga: Mazda Takkan Buat Mobil MPV Lagi ?

Mazda: Jualan Sedan di Indonesia Agak Sulit…

Melansir kompas.com (27/02/2020), Eurokars Motor Indonesia (EMI) tak hanya berjualan mobil SUV, tetapi juga sedan. Salah satu diantaranya yaitu Mazda3. Entah berapa besar penjualannya di Indonesia pada tahun lalu.

EMI mengaku kalau mereka agak kesulitan menjual sedan di Indonesia. Alasannya cukup jelas, karena pasar sedan tidak sebesar MPV maupun SUV. Kalau sudah begitu, kenapa EMI masih bertahan di segmen ini?

EMI menjelaskan kalau pasar sedan masih punya banyak potensi didalamnya. Hanya saja, yang masih kurang yaitu soal pajaknya cukup tinggi. Memang sedan sempat ‘diperlakukan’ seperti mobil mewah lainnya.

Namun pada aturan pajak mobil terbaru, kini berdasar pada besaran gas buang. Sehingga sedan tak lagi mendapat perlakuan yang sama dengan mobil mewah. Walau besarnya tergantung dari besarnya kapasitas mesin mobil, makin besar kapasitasnya maka makin besar pajak yang dipatok.

Meskipun begitu, memang sedan tak terlalu cocok untuk Indonesia. Kebanyakan pengunaannya sebagai mobil patroli, dinas, dan taksi. Sebagian besar sedan juga diekpsor ke luar negeri.

Be the first to comment

Leave a Reply