Ternyata Biang Masalah Honda RC213V Pada Aero-Winglet Versi 2020

Marc Marquez: Honda membuat kemajuan dengan RC213V 2020 pada tes hari terakhir Qatar. Setelah 2 hari tes pertama yang membuat sedikit khawatir. Namun di hari ketiga Honda membuat terobosan besar dan sekarang Marc mengerti apa yang perlu dilakukan timnya.

RiderTua.com – Juara dunia MotoGP Marc Marquez mengatakan Honda telah “menemukan jalan” kembali. Setelah ‘tersesat’ selama dua hari tes Qatar dengan masalah pada motor RC213V versi 2020. Fase pengujian pra-musim benar-benar membuat khawatir pembalap Spanyol yang dibalut cedera itu. Ternyata biang masalah Honda RC213V pada Aero-Winglet versi 2020..

Ternyata Biang Masalah Honda RC213V Pada Aero-Winglet Versi 2020

Selama menjalani tes Pra-musim, Marquez terhambat oleh pemulihan yang sedang berlangsung setelah operasi bahu pada November. Meskipun dia mengatakan setelah tes Sepang bahwa dia lebih khawatir tentang motor daripada cedera yang dideritanya.

Masalah motor Honda 2020 terutama di tikungan masuk (corner entry) dan buruknya performa saat menikung. Bahkan Cal Crutchlow mengungkapkan bahwa dia harus mengendarai motor seperti seorang yang baru belajar naik motor..

Marquez Menemukan Masalahnya

Honda yang sangat khawatir akhirnya memberi Marquez salah satu motor spek 2019 yang dipakai Takaaki Nakagami. Dia mencoba pada hari terakhir tes Qatar pada hari Senin. Setelah mencoba berbagai bagian, Marquez mengatakan dia pikir Honda telah menemukan jalan keluar dari masalah dengan motornya.

“Kami menemukan jalannya. Di Malaysia ada beberapa masalah yang saya tidak mengerti, beberapa crash aneh di tikungan cepat yang biasanya saya mampu menyelamatkan tetapi saya banyak bermasalah, dan pada hari Minggu, lagi-lagi terjadi crash aneh lainnya,” kata Marquez.

Di hari terakhir tes, pada kesempatan itu Marc ingin mengucapkan terima kasih kepada Honda, tim, dan semua mekanik karena mereka melakukan pekerjaan dengan baik. “Mereka memusatkan semua kekuatan dan semua upaya di dalam garasi saya dan kami menemukan jalannya” kata Marc.

Tidak Nyaman dengan Motornya

Tes ini sangat penting bagi Marquez, karena pada hari Minggu dia sangat lambat dan sangat jauh dari pembalap Yamaha dan Suzuki. Marc merasa tidak nyaman dengan motornya. Dan di hari terakhir dia menikmatinya dan mereka jauh lebih dekat ke barisan depan.

“Saya mengendarai dengan sangat baik, kami memahami banyak hal, kami menguji beberapa bagian motor versi 2019 untuk mencoba memahami di mana masalahnya dan kami menemukan masalahnya”.

Ketika ditanya apakah Honda telah membuat kemajuan dengan kemampuan saat berbelok, Marc mengatakan: “Kami kehilangan perasaan di bagian depan motor. Saat memasuki tikungan tidak bagus, dan kami tidak memiliki kecepatan saat menikung. Jika saat memasuki tikungan meningkat, ditengah tikungan membaik, maka kita bisa keluar tikungan lebih cepat.”

Biang Masalah Honda?

Jadi apa sebenarnya solusinya? Setidaknya sebagian dari masalah tampaknya bersumber pada sayap atau winglet versi 2020. Marquez tampaknya lebih suka dengan desain 2019. Itu juga akan menjelaskan mengapa motor 2020 lebih menderita di trek Losail, dengan tikungan yang lebih cepat daripada di Sepang.

Seperti dilansir crash.net(24/02/20), Marc berujar, “Sekarang motornya sudah siap untuk putaran pertama MotoGP Qatar, tapi mungkin kondisi fisik Marc masih belum 100%!” kata Marc sambil tersenyum, merujuk pada kondisi bahu nya.

Di tes Qatar, Marquez adalah pembalap teratas di Honda di posisi ketujuh dengan selisih +0,291 detik dari pemimpin Maverick Vinales.. Sementara Nakagami berada di urutan kedelapan, Crutchlow ke-18 (+0,972) dan Alex Marquez ke-21 (+1,661)

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP 7):

  1. Kawasaki Tantang Dorna: Ninja Superbike Diadu dengan Motor Prototipe MotoGP di Sirkuit!
  2. Livery atau Corak Warna Motor MotoGP Terbaik dan Terburuk 2020
  3. Daftar Top Speed MotoGP Qatar Day-1: Ducati Menggila, Suzuki Waspada!
  4. Lorenzo Lontarkan Kata-kata Pedas, Balas Tudingan Zarco!
  5. Setelah Tes Motor Baru, Espargaro Masuk ke Pit dengan Berlinang Air Mata
  6. Stok ‘Pembalap Juara’ Habis, Ducati Balik Kanan Bubar Jalan, Poles Pembalapnya Sendiri!
  7. Hasil Tes Qatar 2020 Day-1: Duo Suzuki Tercepat!

Be the first to comment

Leave a Reply