Kok Beda? Quartararo Memakai Yamaha M1 Spek Pabrikan, Morbidelli Spek A

Jika dilihat dari lubang udara masuk (air intake) yang berbeda sudah jelas memberikan pengaruh yang berbeda juga dengan performa mesin.. Kemungkinan Morbidelli memakai mesin versi 2019..?

RiderTua.com – Pada MotoGP Malaysia November 2019, diumumkan bahwa Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli akan mendapatkan motor M1 ‘Spek A’ di tim Petronas Yamaha untuk tahun 2020. Namun kini ternyata, Quartararo memakai Yamaha M1 Spek Pabrikan, Morbidelli Spek A..

Quartararo Memakai Yamaha M1 Spek Pabrikan, Morbidelli Spek A

“Tim telah menurunkan satu Spek-A dan satu Spek-B Yamaha YZR-M1 untuk debut MotoGP musim 2019 … Perjanjian baru ini berarti bahwa Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo akan melaju dengan mesin yang sama tahun depan (2020),” bunyi pernyataan tim saat itu.

Namun saat peluncuran tim baru Petronas hari ini, terungkap bahwa kenyataannya motor yang dipakai Fabio adalah ‘Factory-spec’ yang akan dipakainya saat bergabung tim pabrikan Yamaha pada tahun 2021 mendatang. Dan rekan setimnya, Franco Morbidelli memakai motor M1 “A-spec’.

Memang dari luar tampak sedikit perbedaan dalam spesifikasi motor antara rekan setim Petronas Yamaha Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli untuk musim MotoGP 2020 ini.

Perbedaan yang pasti antara kedua paket M1 Petronas 2020 Morbidelli dan Pabrik Yamaha belum jelas. Meskipun kita bisa melihat ‘air intake’ keduanya berbeda. Namun diberitakan bahwa meski memakai mesin ‘spek A’, motor sudah mendapat perubahan dibandingkan tahun lalu.

Seperti kita ketahui, motor Spek-B tahun 2019 milik Quartararo dulu memiliki beberapa bagian yang lebih lama dan jumlah mesinnya adalah lima, bukan tujuh mesin. Hal lain yang membedakan adalah pengurangan 500 RPM untuk memperpanjang umur mesin. Namun, selisih putaran mesin telah dihapus untuk lima putaran terakhir, karena dipandang mesin yang dipakai cukup untuk menyelesaikan musim MotoGP 2019.

Kenapa Beda?

Ada beberapa kemungkinan kenapa motor Quartararo dan Morbidelli berbeda..

  • Bentuk perhatian dan janji Yamaha agar Quartararo tidak pindah ke tim lain, sehingga dia diberikan spek motor pabrikan sama dengan Rossi dan Vinales.
  • Bagi Yamaha ada kemungkinan Morbidelli sebagai pembanding antara motor dengan pengembangan penuh (all new) dengan motor versi sebelumnya.
  • Jika dilihat dari lubang udara masuk (air intake) yang berbeda sudah jelas memberikan pengaruh yang berbeda juga dengan performa mesin.. Kemungkinan Morbidelli memakai mesin versi 2019..?

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP10):

  1. Perlakuan Yamaha Terhadap Valentino Rossi Memicu ‘Gelombang Anti-Yamaha’ dari Die Hard Fans VR46?
  2. Apakah Rossi Masih Punya Taring? Bos Honda Alberto Puig Menjawab
  3. Valentino Rossi ke Tim Satelit, Petronas Bagai Mendapat Durian Runtuh!
  4. Umpan Ducati Berhasil Goyahkan Skuad Yamaha, Rossi Jadi Korbannya
  5. Paolo Ciabatti: Jonathan Rea Lebih Mudah Dikalahkan daripada Marquez
  6. Pembalap ‘Jahat’ yang Tersisa adalah Alex Rins!
  7. Keputusan Yamaha Membuat Penggemar Valentino Rossi Kecewa?
  8. All-Italia: SKY VR46 Satu-satunya Tim di Dunia dengan 4 Pembalap Italia di Kelas Berbeda
  9. Jorge Lorenzo Resmi Gabung Yamaha, Siap Pacu Motor M1 di Tes Shakedown Sepang
  10. Quartararo Dipinang, Bos Petronas Malah Girang!

Be the first to comment

Leave a Reply