Nasib BMW-MINI Generasi Terbaru di Tengah Brexit

RiderTua.com – Mobil – Dengan adanya Brexit, maka Inggris resmi keluar dari Uni Eropa beberapa hari lalu. Ternyata dampak ini mulai mempengaruhi dunia otomotif. BMW misalnya, yang belum memastikan bagaimana kejelasan mobil MINI generasi terbaru. Nasib BMW-MINI generasi terbaru di tengah Brexit.

Baca juga: Supercar MINI Bermesin Tengah akan Terwujud ?

Nasib BMW-MINI Generasi Terbaru di Tengah Brexit

Memang BMW mengkhawatirkannya, karena MINI berasal dari Inggris, sementara BMW dari Jerman yang masuk dalam Uni Eropa. Artinya, dengan adanya Brexit ini MINI generasi terbaru tak bisa terwujud. Atau dalam skenario terburuknya: pabriknya di Negeri Big Ben akan ditutup.

Melansir detik.com (03/02/2020), generasi terbaru MINI biasanya dirilis tiap enam tahun sekali. Tahun ini sebenarnya sudah waktunya untuk memberi generasi terbaru. Namun karena Brexit, BMW harus menundanya.

BMW melihat adanya Brexit dapat mempersulit investasi jangka panjang dengan MINI. Apalagi usia penggunaan platform MINI terlanjur diperpanjang. Sementara di sisi lain mereka berupaya untuk memangkas biaya produksi agar tidak menimbulkan dampak lebih buruk lagi.

Sebenarnya BMW bisa memproduksi MINI di luar Eropa. Namun cara ini tidak efektif karena akan menguras biaya yang sangat besar. Apalagi penjualan mobil MINI selama ini biasa-biasa saja, tidak melonjak dan tidak nge-drop.

Entah bagaimana kejelasan MINI nantinya, yang pasti mereka berusaha untuk ‘menghindari’ dampak buruk dari Brexit. Semoga saja ini tidak mempengaruhi era elektrifikasi yang tengah dilakukan oleh kedua merek tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply