Kenapa Suzuki Suntik Mati Baleno RS ?

(otomotifnet.com)

RiderTua.com – Mobil – Kabar mengejutkan datang dari India. Dimana Maruti Suzuki mengumumkan bahwa Baleno RS sudah tak dijual dan diproduksi lagi. Ternyata ini alasan kenapa mobil hatchback tersebut tak lagi diproduksi. Kenapa Suzuki suntik mati Baleno RS.

Baca juga: Tahun 2021, Suzuki Jimny Dilarang Masuk Eropa !

Kenapa Suzuki Suntik Mati Baleno RS ?

Melansir autonetmagz.com (27/01/2020), Baleno RS mungkin tak ada bedanya dengan Baleno biasa. Hanya saja tampilannya lebih sporty, serta mesinnya yang berbeda. Inilah yang membuat model ini pantas menyandang ‘gelar’ RS, mungkin terdengar seperti varian RS dari Honda.

Lalu kenapa harus disuntik mati? Maruti Suzuki menjelaskan kalau Baleno RS sudah menunjukkan penurunan penjualan. Ditambah dengan menurunnya angka permintaan akan model ini membuat varian ini harus dihentikan produksinya.

Sementara Baleno sendiri akan segera mendapat upgrade standar emisi BS-VI. Model tersebut menggunakan mesin K14B, mesin yang sama dengan Ertiga generasi pertama. Untuk varian RS yaitu mesin K10C 1.000 cc, yang ternyata lebih bertenaga dari K14B.

suzuki baleno
(Foto: Carscoop) suzuki baleno

Tapi dengan Baleno RS disuntik mati, bagaimana pengaruhnya di Indonesia? Sepertinya tidak terlalu signifikan, mengingat varian ini tak dijual di Tanah Air. Apalagi Baleno mendapat penyegaran yang membuat tampilannya sudah seperti varian RS-nya di India.

Untuk saat ini, stok Baleno RS masih tersedia di Negeri Bollywood. Namun lama kelamaan bisa habis dan digantikan oleh Baleno biasa. Tapi apa boleh buat, Maruti Suzuki harus melakukan ini karena permintaan yang menurun.

Be the first to comment

Leave a Reply