Kenapa Dua Merek Mobil Ini Tinggalkan Indonesia ?

(GM Authority)

RiderTua.com – Mobil – Tahun lalu, dua merek mobil ‘berpamitan’ dengan konsumen Indonesia. Keduanya tak lain adalah Datsun dan Chevrolet. Walau untuk Datsun belum pasti, tapi kenapa ini bisa terjadi? Kenapa dua merek mobil ini tinggalkan Indonesia.

datsun go cvt 2018
(Foto: Liputan6.com) datsun go cvt 2018
Baca juga: Toyota Masih Jadi Merek Mobil Terlaris di Indonesia

Kenapa Dua Merek Mobil Ini Tinggalkan Indonesia ?

Banyak yang mengkhawatirkan soal perginya kedua merek tersebut. Ditakutkan nanti berpotensi merusak citra negatif terhadap pasar otomotif nasional. Walau begitu, sebenarnya itu tidak usah dipusingkan lebih jauh lagi.

Melansir detik.com (22/01/2020), kemunduran dunia otomotif secara nasional tidak terlalu dilirik oleh dunia. Malah nasibnya sama dengan yang di Indonesia, dimana pasar industri ini mengalami penurunan selama tahun 2019. Tapi apa yang sebenarnya terjadi pada Chevrolet dan Datsun?

Chevrolet sepertinya memiliki masalah, walau masalahnya terjadi di Amerika Serikat, tapi entah mengapa bisa sampai ke Indonesia. Lalu Datsun yang mengecilkan jaringan operasionalnya, mungkin berkaitan dengan apa yang terjadi dengan perusahaan induknya, Nissan.

Sebenarnya Chevrolet memiliki mobil dengan kualitas yang bagus. Tapi pabrikan bermarkas Detroit ini baru menyadari kalau harga mobilnya cukup mahal. Sementara Datsun cukup laris dengan mobil murah LCGC-nya, tapi tak dapat bersanding dengan merek lainnya. Memang persaingan di segmen ini sangatlah ketat.

Sepertinya hanya tinggal menunggu keputusan dari Nissan mengenai nasib Datsun di Indonesia. Walau ada yang pergi, ada juga merek mobil baru yang akan datang ke Indonesia, yaitu MG (Morris Garage) Motor.

Be the first to comment

Leave a Reply