Ketika Ketenaran Isuzu Panther Sudah Terpuruk…

RiderTua.com – Mobil – Panther sudah menjadi salah satu mobil MPV yang cukup terkenal di Indonesia. Model ini sudah ada bahkan jauh sebelum Avanza-Xenia lahir, tepatnya di tahun 1991. Namun kini pamornya menurun seiring dengan ketatnya persaingan. Ketika ketenaran Isuzu Panther sudah terpuruk…

Baca juga: Isuzu Siap Ekspor Pikap Traga ke Luar Negeri

Ketika Ketenaran Isuzu Panther Sudah Terpuruk…

Sebenarnya penjualan Panther masih baik-baik saja. Dilansir dari otosia.com (14/12/2019), Isuzu mencatat ada sekitar 300 unit yang terjual tiap bulannya. Memang angka ini cukup kecil, tapi masih lumayan untuk Panther.

Namun sebenarnya angka ini akan terus menurun jika Isuzu tak memberi apapun untuk Panther. Selama ini, Panther jarang mendapat pembaruan, dan terakhir mendapat model all new pada tahun 2000. Facelift tercatat diberikan pada generasi keduanya di tahun 2004 hingga 2009.

Lalu kenapa Isuzu tak melakukan sesuatu pada Panther? Isuzu Astra Motor Indonesia mengaku kalau mereka sudah tak lagi fokus pada mobil penumpang. Isuzu lebih memfokuskan pada kendaraan komersial seperti truk atau minibus.

Panther Generasi Terbaru

Memang Isuzu sudah lama dikenal sebagai ‘rajanya diesel dan kendaraan komersial di Indonesia’. Tak hanya memiliki mobil penumpang seperti Panther, ada juga D-Max pikap dan MU-X (versi SUV D-Max). Malah MU-X juga senasib dengan Panther, dengan penjualan yang tidak terlalu bagus.

Sebenarnya Isuzu pernah berniat untuk mempertahankan Panther, namun muncul masalah karena terkendala biaya pengembangan mesin diesel terbaru. Sehingga sepertinya Isuzu harus rela ‘kehilangan’ MPV andalannya ketika aturan diesel terbaru disahkan.

Be the first to comment

Leave a Reply