Kenapa Penjualan Mobil Global Turun Drastis ?

(Foto: Viva)

RiderTua.com – Mobil – Entah mengapa tahun 2019 ini menjadi tahun yang kurang menguntungkan bagi dunia otomotif. Bagaimana tidak, penjualan mobil secara global mengalami penurunan yang cukup drastis. Kenapa bisa terjadi? Kenapa penjualan mobil global turun drastis.

Baca juga: Ini Mobil Dengan Penjualan Tahun 2019 yang Rendah

Kenapa Penjualan Mobil Global Turun Drastis ?

Dilansir dari detik.com (11/12/2019), penjualan mobil global menurun hingga 3,1 juta unit. Atau tepatnya 77,5 juta unit yang terjual. Angka ini menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai 80,6 juta unit, dan di tahun 2017 sebesar 81,8 juta unit.

Sementara itu, China yang merupakan penyumbang penjualan mobil terbesar di dunia ikut kena imbasnya. Sejak bulan Januari hingga Oktober, performa penjualannya menurun 11 persen dari periode di tahun sebelumnya.

Penyebabnya yaitu mulai dari lemahnya pertumbuhan kredit, kenaikan penjualan mobil bekas, hingga standar emisi baru. Inilah mengapa penjualan mobil di China mengalami penurunan. Mungkin faktor ini juga dialami di beberapa negara di dunia.

mobil bekas
(Foto: autocar.co.uk) mobil bekas

Kemudian di Amerika Serikat, produsen seperti General Motors, Honda, hingga Ford harus mengurangi produksi mobilnya. Hal ini disebabkan oleh melemahnya pasar otomotif disana. Lalu Brazil, Rusia, hingga India juga ikut kena getahnya, tak terkecuali Indonesia.

Nampaknya kini banyak produsen mobil berharap tahun depan bisa lebih baik dari tahun ini. Semoga saja tidak ada lagi masalah seperti perang dagang atau skandal yang melibatkan produsen mobil.

Be the first to comment

Leave a Reply