Intip Perjalanan Toyota Avanza Selama 16 Tahun

RiderTua.com – Mobil – Tanggal 11 lalu, Toyota Avanza genap berumur 16 tahun. Melihat umurnya saja sudah pasti kalau mobil ini berusia cukup tua. Lalu seperti apa perjalanan panjang dari MPV sejuta umat ini? Intip perjalanan Toyota Avanza selama 16 tahun.

Avanza-Xenia Lawas
Baca juga: Toyota Avanza Makin Tak Terkalahkan !

Intip Perjalanan Toyota Avanza Selama 16 Tahun

Melansir detik.com (11/12/2019), Avanza generasi pertama diluncurkan pada 11 Desember 2003. Tapi pertama kali muncul di bulan Juli 2003 pada gelaran Gaikindo Auto Expo (sekarang GIIAS). Kemudian baru dikirim ke konsumen di tahun selanjutnya.

Ternyata kehadiran Avanza saat itu mampu menyedot perhatian konsumen Indonesia. Bayangkan saja, di tahun tersebut LMPV ini mampu terjual hingga 100 ribu unit! Penjualan ini malah terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Memang kehadiran Avanza dianggap sebagai pengganti peran Toyota Kijang, yang pada masa itu harganya cukup mahal. Masih ingat dengan krisis moneter yang melanda Indonesia pada tahun 1998? Karena inilah, harga Kijang dan mobil lainnya menjadi mahal, sehingga Toyota menciptakan Avanza sebagai alternatifnya.

toyota avanza
toyota avanza

Kini hampir 2 juta unit Avanza yang sudah terjual. Angka ini bahkan masih terus meningkat dari tahun ke tahun. Tak heran jika banyak yang menyebutnya sebagai ‘mobil sejuta umat’.

Penjualan Avanza selama ini cukup baik, selalu berada di level 100 ribu unit. Penjualan tertinggi tercatat di tahun 2013, tepat 10 tahun sejak Avanza diluncurkan, dengan 213.458 unit terjual. Walau penjualannya mulai menurun seiring banyaknya rival, model ini tetap menjadi pilihan konsumen Indonesia. Happy birthday, Avanza!

Be the first to comment

Leave a Reply