MPV-Crossover Ternyata Sudah Lama Ada di Indonesia

RiderTua.com – Mobil – Sebulan lalu, Mitsubishi meluncurkan Xpander Cross, yang merupakan versi crossover sporty dari mobil LMPV andalannya. Mungkin ada yang mengira kalau MPV-crossover adalah jenis baru. Tapi sebenarnya jenis mobil ini sudah lama ada di Indonesia. MPV-Crossover ternyata sudah lama ada di Indonesia.

Baca juga: Xpander Cross akan Terus ‘Dipantau’ oleh Toyota

MPV-Crossover Ternyata Sudah Lama Ada di Indonesia

Model MPV-crossover memang sudah lama ada, bahkan jauh sebelum hadirnya Xpander Cross. Melansir Autonetmagz.com (09/12/2019), model seperti ini yang paling dulu hadir yaitu Isuzu Panther Grand Touring. Sehingga disebut sebagai pionir dari MPV-crossover.

Yang membedakannya dengan Panther biasa yaitu absennya transmisi otomatis alias matik. Terlihat jelas garnish depan dan belakang pada bodi mobil. Fitur kamera belakang, sensor parkir, serta arm rest menjadi fitur tambahannya.

Lalu ada Chevrolet Spin Activ yang berjenis sama. Model ini hadir di tahun yang sama dengan Nissan Livina X-Gear. Walau modelnya cukup bagus, sayang Chevrolet harus menghentikan produksinya karena kurang laku.

Daihatsu Keluarkan Great New Xenia Custom Siap Gempur Pasar LMPV Indonesia
(foto: OtomotifKompas)

Mungkin ada yang tak menduga kalau Xenia pernah memiliki varian khas crossover, atau disebut sebagai Xenia Attivo atau Custom. Namun tak seperti Xpander Cross, ubahannya cukup minim. Setelah Xenia disegarkan pada awal tahun 2019, varian ini menghilang begitu saja.

Datsun Cross dianggap sebagai model crossover-nya Go atau Go+ Panca. Model ini menawarkan desain yang cukup sporty ketimbang Go. Sayangnya penjualannya tidak setinggi Go, dan Cross akan pergi bersamaan dengan Datsun mulai awal tahun 2020.

Be the first to comment

Leave a Reply