Rossi Serukan Putaran Final MotoGP Digelar di Malaysia Bukan Valencia

RiderTua.com – Musim dingin di Eropa terjadi pada akhir bulan November hingga bulan Februari. Valentino Rossi pertanyakan mengapa MotoGP Valencia digelar pada musim dingin?.. Hal ini terutama dirasakan pembalap pada sesi latihan bebas pagi hari ( FP1), para pembalap mengeluh di GP Valencia tentang suhu yang terlalu dingin. Rossi serukan putaran final MotoGP digelar di Malaysia bukan Valencia

Rossi Serukan Putaran Final MotoGP Digelar di Malaysia Bukan Valencia

Valentino Rossi menyerukan agar putaran final MotoGP digelar di negara dengan iklim yang lebih hangat. Baru-baru ini memang banyak kritikan tentang GP Valencia. Pergeseran mendekati akhir bulan November ini akibat penambahan GP Buriram pada Oktober dua minggu hingga pertengahan November. Meskipun GP Thailand akan diadakan pada bulan Maret tahun depan, tidak akan ada perbedaan. Alasannya: Dorna ingin menggelar GP Indonesia di pulau Lombok sebelum GP Sepang pada Oktober 2021.

“Bagi saya, datang ke Valencia pada pertengahan November untuk Grand Prix bukanlah ide bagus. Tetapi penyelenggara MotoGP berasal dari Spanyol dan sangat tertarik untuk menyelesaikan final di Spanyol. Saya kira itulah alasannya. Jika itu tidak benar, akan lebih baik untuk tidak menggelar final di Eropa, tetapi suatu tempat yang lebih panas.” kata Valentino Rossi.

Perubahan Kondisi Iklim

Dalam beberapa tahun suhunya tidak terlalu buruk. Tetapi ada perubahan musim dalam dua tahun terakhir. Pada tahun 2015, 2016 dan 2017 suhu di Valencia tidak terlalu buruk. Tapi dalam dua tahun terakhir MotoGP bertepatan dengan musim dingin. Tahun lalu turun hujan dari Kamis hingga Minggu, tahun ini kering, tetapi pada malam hari suhunya mencapai lima derajat.

Rossi mengerti bahwa penting bagi Dorna untuk menyelesaikan balapan di Spanyol. Tetapi di Eropa sedang dalam kondisi musim dingin. Mungkin akan lebih bagus jika seri Valencia sebelum tiga balapan di luar Eropa dan mungkin seri penutup diselenggarakan di Sepang dimana suhunya sekitar 40 derajat. Tapi semua adalah keputusan Dorna ..

Keuntungan logistik

Valencia tahun 1999 berlangsung pada 19 September. Digelar di antara Imola dan Phillip Island. Kemudian ke Afrika Selatan, Brasil dan Argentina. Tahun 2000, dan 2001 Valencia juga gelar balapan bulan September, kemudian pada tahun 2002, Valencia menjadi penutup kalender pada bulan November.

Mungkin selain alasan yang dikemukakan diatas secara teknis Valencia digelar bulan November memiliki beberapa keuntungan logistik: Kotak-kotak kargo yang diterbangkan dari Spanyol ke luar negeri, tidak pernah kembali ke sana. Truk-truk dari tim non-Spanyol diparkir sementara di Barcelona atau Valencia dan tidak harus dibawa kembali ke negara mereka.

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP5):

  1. Zarco Raib Folger Pun Dipecat, Picu Seruan Rossi, Yamaha Menjawab Datar !
  2. Bahkan Keledai Tidak Jatuh di Lubang yang Sama, Yamaha Pernah ‘Tertipu’ Performa Vinales !
  3. Yokoyama Buka Suara, Ternyata Racikan RC213V Ini yang Membuat Lawan Kocar-kacir !
  4. Sasis Revolusioner KTM Lebih Stabil dan Banyak Traksi, Hasil Karya Dani Pedrosa Meyakinkan
  5. Minta Motor Lebih Mudah, Crutchlow Kena Semprot Yokoyama: Itulah Sebabnya Kami Bayar Anda!

Be the first to comment

Leave a Reply