Valentino Rossi: Yamaha M1 2020 Versi ke-3 Lebih Lincah, Top Speed Bagaimana?

RiderTua.com – Yamaha MotoGP membawa YZR- M1 2020 versi ketiga: Air intake lebih memanjang ke atas dibanding sebelumnya yang melebar, sasis baru dengan warna silver, dan ada perubahan di sisi elektronik. Top Speed? Valentino Rossi berujar: “Kami memiliki dua tes penting di sini di Valencia dan di Jerez sebelum akhir tahun. Kami akan memiliki beberapa part baru dari Yamaha”.. Valentino Rossi: Dengan sasis baru Yamaha M1 2020 lebih lincah, Top Speed bagaimana?

Valentino Rossi: Dengan Sasis Baru Yamaha M1 2020 Lebih Lincah, Top Speed Bagaimana?

Kesan Rossi Tentang M1 2020

Dalam hal mesin, Rossi menghabiskan sebagian besar hari tes pra musim ini untuk mengevaluasi versi terbaru dari prototipe Yamaha 2020 (versi ketiga), dengan fokus pada mesin yang direvisi agar dapat mengurangi defisit kecepatan tinggi (top speed) yang diderita musim ini.

Setahun yang lalu, Rossi dan rekan setimnya Maverick Vinales telah diberikan beberapa spesifikasi mesin untuk dipilih dan itu membuat pembalap bingung. “Kali ini telah banyak berubah dibandingkan tahun lalu, karena tahun lalu kami memiliki dua atau tiga mesin yang berbeda untuk dipahami. Sekarang hanya yang ini. Ini adalah caranya dan kami memiliki langkah yang berbeda, tetapi ini adalah mesin baru.” katanya Valentino…

Rossi dengan Yamaha M1 terbarunya hanya bisa berada di urutan ke-9 di akhir sesi uji coba pra musim hari pertama dengan jarak 0,849 detik dari Fabio Quartararo. Meski begitu Vale suka dengan cara Yamaha bekerja kali ini, karena ada lebih sedikit kebingungan daripada masa lalu, program ini lebih jelas menurutnya.

M1 2020 Versi Ketiga

“Motor baru ini sedikit berbeda di sasis dan sedikit berbeda di mesin dan elektronik. Ini sudah ketiga kalinya kami mencoba motor, tapi ini masih prototipe jadi mungkin tahun depan kita juga bisa memiliki langkah lain. Tetapi perasaan dengan motor baru itu positif dan kami sudah berada pada level yang baik.” tambah Rossi..

Yamaha sepertinya seperti yang dikeluhkan pembalapnya fokus pada mesin dan elektronik dan kali ini mereka sudah melakukannya. Rossi berujar tentang hal itu. “Pertama-tama, bagi saya elektronik dan mesin adalah area di mana kita harus meningkatkan, terutama mesin. Tapi sekarang sepertinya Yamaha setuju”.

Dengan sasis baru Yamaha M1 2020 lebih lincah

Menurut Rossi peningkatan M1 terbaru ini juga ada pada bagian frame atau sasis. “Di sasis, mereka berusaha untuk menambah kelincahan yang lebih baik atau ketika pengereman, agar sedikit lebih cepat di tikungan masuk. Dan lebih presisi. Sasis baru lebih baik. Saya suka.”

Apakah Top Speed Yamaha M1 2020 Sudah Lebih Tinggi ?

Dari foto diatas di hari pertama terlihat Yamaha M1 terbaru hanya mencapai kecepatan puncak (top speed) tertinggi di peringkat-8. Yaitu 321 km per jam.. Dimana selisih dengan motor Ducati adalah 7,6 km per jam.. artinya belum terlihat peningkatan top speed. Top speed masih dipegang tim Merah dan Oranye…

Ketika ditanya masalah top speed mesin M1 2020, Rossi belum bisa fokus secara langsung menilai kecepatan mesin barunya. Perbandingan yang tepat masih sulit karena slipstream ( berada di belakang pembalap lain dan fokus pengujian secara paket motor keseluruhan). Tetapi kesan pertama Rossi cukup positif, karena M1 sudah meningkat sedikit, tetapi prosesnya masih panjang karena perbedaannya cukup banyak tahun lalu, terutama dalam membenahi top speed.

Perubahan Besar di Tim Yamaha

Cara kerja Yamaha mulai tahun ini berubah drastis dan hasilnya bisa dilihat tahun depan di 2020. Sekarang Rossi memiliki insinyur Jepang, insinyur ban, insinyur suspensi. Di masa lalu kepala mekanik bekerja sendirian. Tapi mulai sekarang mereka mendapat banyak dukungan dari Yamaha.

Pengujian sambut musim 2020 ( pra musim) berakhir di Valencia pada Rabu malam hari ini…

Trending Artikel Minggu Ini (TOP6):

  1. Ini Bahayanya Jika Repsol Honda Rekrut Alex Marquez!
  2. Baru 8 Lap Alex Marquez Mencicipi RC213V Sudah Crash di T-10 Valencia!
  3. Penampakan Pertama Motor Honda RC213V Alex Marquez!
  4. Hasil Tes Resmi Valencia Hari-1 Paruh Pertama: Quartararo Tercepat !
  5. Zarco Menyesal Lihat Foto Ini? Ini Evolusi Sasis Baru KTM 2020 Lebih Kotak, Lebih Lincah?
  6. Marquez Memenangkan Perang dengan Ezpeleta CEO Dorna, Marc Sekuat Rossi Pengaruhnya!

2 Comments

Leave a Reply