Zarco Menyesal Lihat Foto Ini? Ini Evolusi Sasis Baru KTM 2020 Lebih Kotak, Lebih Lincah?

RiderTua.com – Mungkin Johann Zarco akan sedikit menyesal jika melihat foto ini. Memang belum terbukti hasilnya, namun jika dilihat dari konstruksinya adalah sebuah evolusi sektor frame atau sasis KTM di MotoGP. Mungkin walau masih mendekati sasis teralis-tubular akan menerapkan keuntungan dimensi sasis twin-spar. Zarco menyesal lihat foto ini? Ini Evolusi Sasis Baru KTM 2020 Lebih Kotak, Lebih Lincah?

Zarco Menyesal Lihat Foto Ini? Ini Evolusi Sasis Baru KTM 2020 Lebih Kotak, Lebih Lincah?

Menurut informasi jurnalis motogp di paddock sasis baru KTM masih menggunakan rangka baja ( bukan aluminium). Namun ada yang menyebutnya memakai aluminum. Tapi dari sisi bentuk lebih mengkotak dan permukaan lebih luas. Dimana disinyalir akan lebih memaksimalkan daya lentur lateral sehingga motor lebih enak dibuat berubah arah / belok dan rebah..

Motor prototipe MotoGP membutuhkan Frame Lateral ( horizontal ) yang lentur untuk membantunya menikung lebih cepat. Saat motor berada di tikungan, frame perlu lebih lentur demi meningkatkan daya cengkeraman saat belok.

Beberapa insinyur sasis percaya bahwa frame perlu dibuat lentur secara horisontal ( lateral flex). Dimana dengan kelenturan tertentu akan membuat motor benar-benar seperti melengkung saat melalui tikungan.

Kondisi efek lateral ini menciptakan efek self-turning ( motor mudah belok dengan sendirinya). Kondisi ini ditentukan juga oleh kekakuan (stiffness) longitudinal yaitu bagian desain frame yang berfungsi mengimbangi kelenturan lateral tadi dengan meningkatkan kekakuan sasis.

KTM RC16 2019

Bisa jadi dengan bahan baja ( jika memang tidak berubah) dan model lebih kotak KTM berusaha mengambil dua keuntungan tadi: Dari desain mendapatkan efek lateral dan dari bahan baku atau material baja mendapatkan kekakuan yang diinginkan.

foto: motogp.com (19/11/19)

Apakah ini akan menjadi kekuatan baru motor KTM ?.. Jika benar KTM RC16 versi 2020 lebih melesat cepat dan lincah dan mudah ditekuk, bisa jadi Zarco akan menyesal buru-buru meninggalkan KTM…

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP6):

  1. Ini Bahayanya Jika Repsol Honda Rekrut Alex Marquez!
  2. ‘Dream Team’ dari Cervera: 99% Alex Marquez ke Repsol Honda
  3. Hasil Race MotoGP Valencia: Triple Crown Marc buat Honda dan #ThankYouJorge !
  4. Penampakan ‘Sadel Aerodinamis’ Ducati GP20, Sayap yang Tersembunyi Lagi?
  5. 3 Bulan Lagi Rossi Berusia 41 Tahun, Tak Menyangka Dani dan Lorenzo Pensiun Duluan!
  6. Ini Tanggapan Santuy Rossi Tentang ‘Duo Marquez’ di Repsol Honda !

Be the first to comment

Leave a Reply