Valentino Rossi: Cornering Speed Yamaha Tak Berkutik Lawan Top Speed Ducati!

RiderTua.com – Di MotoGP Sepang Valentino Rossi tertinggal hampir 6 detik dari rekan setimnya Maverick Vinales. GP Malaysia adalah salah satu balapan yang paling menantang secara fisik karena cuaca tropis. Namun seorang pembalap tertua di grid justru mampu torehkan lap tercepat disana. Memecahkan rekor lap yang sudah empat tahun lamanya dengan hampir satu detik lebih cepat. Valentino Rossi: Cornering Speed Yamaha tak berkutik lawan Top Speed Ducati!

Valentino Rossi: Cornering Speed Yamaha Tak Berkutik Lawan Top Speed Ducati!

Rossi, yang hampir mendapatkan podium di GP Malaysia, gagal dalam pertarungannya dengan motor roket Ducati, Andrea Dovizioso. Namun pembalap Italia itu merasa senang dengan performa motornya di akhir musim ini. “Saya merasa senang dengan motornya dan saya sangat senang menjadi lebih kuat di sini karena secara fisik ini adalah balapan paling sulit musim ini,” kata pembalap berusia 40 tahun itu.

Ban Lebih Awet di Sepang

Yamaha sudah memperbaiki motor dari sisi pemakaian ban. Meskipun melakukan banyak putaran dengan bagian tepi ban, sehingga mereka bisa memaksimalkan performa motor dengan kondisi ban lebih awet. Namun yang menjadi perhatian adalah sektor mesin dengan kurangnya kecepatan. Masalah ini muncul ketika Yamaha harus bertarung dengan motor yang lebih cepat, sangat sulit untuk dikelola.

Rossi merasakan motornya sangat cepat di tikungan panjang, tetapi di trek lurus Andrea Dovizioso selalu bisa membalas nya. Walau dia sudah mencoba dengan maksimal namun karena ada perbedaan besar, Rossi tertinggal 0,4 detik dari Ducati Dovizioso.

Cornering Speed Yamaha Tak Berkutik Lawan Top Speed Ducati

Menurut Rossi rekan setimnya, Maverick membalap dengan cara terbaik, karena Vinales mengendarai motor Yamaha ‘sendirian’. Dengan tanpa gangguan, pembalap Yamaha bisa membuat racing line-nya sendiri dan membuat perbedaan saat di tikungan, di mana motor Yamaha terkenal kuat dengan cornering speed-nya. Tetapi ketika motor Yamaha bertarung dengan motor yang lebih cepat ditrek lurus, tidak bisa menyalipnya lagi di tikungan.

Yamaha memang alami peningkatan masalah keawetan ban di seri sepang. Yang menjadi masalah adalah saat di trek lurus selalu kalah dengan motor-motor V4. Apalagi jika sudah di belakang mereka, akan sulit membalas dan kekuatan kecepatan tikungan Yamaha sudah tidak berguna lagi.. Bikin frustasi…

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP7):

  1. Marquez Pindah Tim: Honda Harus Memenuhi Permintaannya, Jika Tidak?
  2. Ingat Pesan ‘Papa’ Doohan: Hancurkan Lawan di Trek, Jauhi Mikrofon !
  3. Transfer 2021: Rossi Mesin Penjualan Yamaha Tiada Banding, Vinales ke Ducati-Honda-Suzuki?
  4. Asap Putih Keluar dari Swingarm RC213V Marquez, Gas Nitrogen atau Debu?
  5. Gabung Tim Resmi Yamaha Ibarat ‘Hadiah Beracun’ bagi Quartararo, Jangan Tergoda!
  6. Ketika Sihir Tipuan Marquez Gagal dan Berakhir di Aspal !
  7. Iker Lecuona: Super-Rookie Jelmaan Casey Stoner dan Anti-Marquez, Waspadalah !

1 Comment

Leave a Reply