Iker Lecuona: Super-Rookie Jelmaan Casey Stoner dan Anti-Marquez, Waspadalah !

RiderTua.com – Mungkin kita dibuat terkagum dengan pembalap baru (rookie) MotoGP Fabio Quartararo. Dengan gaya super lembutnya bagai mentega ( butter) namun memberi pukulan hebat bagai palu (hammer). Kini infonya akan datang bakat baru dengan gaya tak kalah bengis dari Stoner di KTM MotoGP.. Iker Lecuona, Super-Rookie jelmaan Casey Stoner…

Iker Lecuona, Super-Rookie Jelmaan Casey Stoner

Seperti kita ketahui Casey Stoner memiliki gaya balap RWS atau rear wheel slide… Cocok untuk motor liar.. Ketika Casey Stoner mengendarai Ducati, manajer timnya Livio Suppo berkata, suka dengan Casey karena dia mengendarai motor seperti binatang!

Sebuah media mewawancarai seorang insinyur Moto2. Kenapa KTM merekrut pembalap yang tidak dikenal untuk tim Tech 3 MotoGP-nya. Mekanik tim papan atas Moto2 itu tertawa dan berkata, ‘Iker adalah binatang..!’

Pengalaman yang minim di MotoGP namun KTM tanpa ragu memilih Iker Lecuona. Seperti kita ketahui bahwa balap MotoGP adalah olahraga yang kejam dan membutuhkan agresifitas yang sangat luar biasa. Belajar dari kasus Zarco yang lemah lembut kini KTM pindah haluan mencari bakat pembalap liar… Inilah sebabnya mengapa KTM memilihnya..

Super-Rookie

Lecuona sangat agresif saat diatas motor, “Iker mengendarai dengan bagian belakang motor dan tidak peduli apa yang terjadi dengan bagian depan. Alasan dia kuat dengan motor KTM Moto2 adalah bahwa dia benar-benar mengabaikan masalah chatter bagian depan motor dan semua masalahnya.” kata Mathieu Grodecoeur, kepala kru Moto2 di skuad American Racing Moto2.

Fakta unik Iker bisa dijelaskan dengan data-data: Ketika tim memeriksa datanya di GP Phillip Island, mereka melihat dia kehilangan (cengkeraman) bagian depan disetiap putaran di tikungan terakhir, tetapi dia tidak menghiraukan. Karena dia hanya mengendarai motor dengan ban bagian belakang. Dia memiliki kebiasaan late braking dan tidak benar-benar khawatir tentang bagian depan motor.

Gaya Balap Agresif

Satu lagi bakat Iker adalah: Gaya balapnya agresif. Dia sering ‘menggantung’ di motornya dan membuat motor menikung sendiri. Dia banyak merubah arah motor dengan posisi tubuhnya (body position). Mathieu Grodecoeur ( kepala kru) tidak berharap Lecuona langsung moncer di tahun pertama di MotoGP. Tapi menurutnya dia akan menunjukkan beberapa hasil yang mengesankan suatu saat nanti.

Mathieu Grodecoeur melihat bakat besar Lecuona sejak pertama bekerja dengannya, Jelas dia tidak memiliki pengalaman dalam balapan MotoGP tetapi bakat mentahnya luar biasa. Dengan gaya liarnya, motor MotoGP KTM yang memiliki DNA khusus, akan sangat cocok dengan Iker. Mungkin Quartararo tidak seberuntung Iker Lecuona saat di kelas pemula. Motor KTM Moto2 seperti dibuat untuknya karena agresivitas Iker diakomodasi tim dengan paket motor yang dia inginkan.

Anti Marquez

Grodecoeur juga percaya Lecuona akan membuat pengembangan motor KTM RC16 semakin terpacu karena DNA pembalap dan motornya selaras.. Dan ada hal lain yang disukai KTM tentang pembalap Spanyol itu adalah Iker Lecuona mungkin memiliki keterampilan mengatur ban depan seperti Marc Marquez. Dengan kata lain dia adalah lawan sepadan atau ‘Anti-Marquez’ di masa depan dengan gaya balapnya yang “serumpun”.. Stoner-Marquez-Iker.. Siapa tahu?

Jangan-jangan Honda dan Ducati juga melirik Iker Lecuona yang mirip dengan Stoner .. Karena mereka memiliki motor yang bisa dijinakkan oleh pembalap liar sekelas Casey Stoner..

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP5):

  1. Ini Penyebab Marquez ‘Kehabisan Bensin’ Lagi?
  2. Perdebatan Seru Marquez dan Yokoyama Tentang Pemilihan Ban!
  3. Di Usia 40 Tahun Raih Rekor ‘Best Race Lap’ MotoGP Sepang 2019
  4. Kenapa Vinales Bisa Lebih Cepat dari Rossi ?
  5. Rossi: Pembalap Muda Sekarang ‘Ugal-ugalan’ Tapi Bikin Balapan Menarik!

12 Comments

  1. wkwkwk.. i agree .. lagian kalo buat judul itu lo. lebay banget.’SUPER ROOKIE’ .’JELMAAN STONER”. ‘WASPADALAH’ .. emangnya sudah pernah juara seri belom? ntar akhirnya…. ya sudahlah.

  2. Ngesot pake ktm yo alamat koleksi akik.
    Lha wong fabio yg super mega rookie star aja belum pernah nyentuh podium 1, malah udah ada kandidat super lagi.

    • dia akan dibina oleh KTM.. pengemangan KTM akan selaras dengan gaya balapnya.. motor V4 terkenal susah belok karena liar dan Iker masih muda (19 tahun)..banyak waktu untk adaptasi dan pengembangan motor

Leave a Reply