Memakai Motor Spek 2020 Pembalap Suzuki Ini Kena Hukuman, Diskualifikasi !

RiderTua.com – Menyusul terdeteksi memakai motor baru di pakai di trek Jepang, pembalap wildcard Sylvain Guintoli dihukum karena menggunakan motor GSX-RR dengan spesifikasi mesin 2020 di Motegi… Sebagai bentuk hukumannya Guintoli didiskualifikasi untuk catatan waktu disesi FP1 dan FP2 MotoGP Motegi. Akibat memakai motor spek 2020 pembalap Suzuki ini kena hukuman..

Memakai Motor Spek 2020 Pembalap Suzuki Ini Kena Hukuman

Setelah diketahui menggunakan spek mesin yang “ilegal”. Semua catatan waktunya dihapus. Prototipe Suzuki GSX-RR 2020 ini dipakai Guintoli selama penampilan wildcard ketiganya. Menurut regulasi 2.4.6.2, menyatakan bahwa wildcard harus mematuhi aturan spesifikasi mesin yang berlaku untuk semua pabrikan.

Karena Suzuki bukan tim yang mendapatkan hak konsesi, mereka tidak diizinkan untuk mengubah spesifikasi mesin selama musim bergulir. Itu artinya Guintoli juga harus memakai mesindengan spek yang sama untuk keseluruhan musim 2019.

Namun masih terdapat kebingungan jika mencermati aturan itu. Terutama karena aturan itu berlaku untuk pembalap wildcard. Karena setiap pabrikan sebenarnya diperbolehkan memakai 3 spesifikasi mesin yang berbeda di setiap musim, untuk memungkinkan mereka memasok tim satelit dengan spesifikasi mesin yang berbeda dengan tim resmi. Khusus untuk pembalap wildcard diizinkan menggunakan tiga mesin dengan spesifikasi yang sama di setiap balapan. Itu artinya secara efektif membebaskan pembalap Wildcard seperti Guintoli dari pembatasan jumlah mesin yang digunakan oleh pembalap tetap.

Namun sepertinya tanpa hak konsesi Suzuki terjebak dengan spesifikasi mesin tunggal untuk seluruh musim untuk setiap pembalap.

Hukuman untuk Suzuki bukan karena mereka menggunakan mesin spek 2020, tetapi karena spek mesin berbeda dari yang digunakan oleh Guintoli di awal musim. Jika selama awal musim Suzuki menyajikanmesin dengan spek lain ( beda dengan Rins dan Mir) dan dipakai Guintoli maka tidak akan mendapat hukuman… Hukuman ini tidak berlaku untuk Aprilia atau KTM, karena mereka diizinkan untuk mengubah spesifikasi mesin sebagai tim yang punya hak konsesi atau di beri hak kelonggaran untuk merubah mesin.

Sebenarnya tim Suzuki cukup terbuka ( tidak sembunyi-sembunyi) tentang penggunaan mesin prototipe oleh pembalap Prancis di MotoGP Jepang akhir pekan ini, tetapi FIM Stewards Panel menunjukkan bahwa ‘menggunakan spesifikasi mesin 2020 … bertentangan dengan Pasal 2.4.6.2 dari Peraturan Grand Prix’.

Trending Artikel Minggu Ini ( Top5):

  1. FP2 MotoGP Jepang: Bocah Ajaib Memimpin, Yamaha Fantastis !
  2. 3 Perubahan Inikah yang Membuat Rossi Lambat di Latihan Bebas?
  3. Hasil FP1 GP Jepang: Trio Yamaha Semakin di Depan !
  4. Fakta di Balik Zarco Menolak Yamaha Pilih Mengabdi di Honda, Blunder?
  5. Pisah dengan Rossi MotoGP Gemetar, Dorna Mencari Sosok ‘Pembalap yang Tepat’



Be the first to comment

Leave a Reply