Mengenal Platform Anyar Toyota untuk Yaris Facelift

RiderTua.com – Toyota diketahui sedang menyiapkan facelift untuk generasi keempat Yaris. Namun berbeda dengan model generasi sebelumnya, hatchback ini menggunakan platform terbaru Toyota, yaitu TNGA-B. Mengenal platform anyar Toyota untuk Yaris Facelift.

Baca juga: Toyota Yaris Facelift Gunakan Platform TNGA Terbaru

Mengenal Platform Anyar Toyota untuk Yaris Facelift

TNGA (Toyota New Global Architecture) adalah platform yang dirancang oleh Toyota sendiri. Platform ini tak hanya dipakai oleh hampir semua model Toyota, tetapi juga model Lexus. Ada juga versi dari Daihatsu yang disebut sebagai DNGA.

TNGA awalnya terdiri dari empat jenis, yaitu TNGA-C, TNGA-K, TNGA-L, dan TNGA-N. Ada dua platform baru yang dikembangkan, yaitu TNGA-B dan e-TNGA.

Platform TNGA-B merupakan platform khusus untuk mobil sejenis crossover atau segmen B. Platform ini memiliki dimensi yang lebih kecil dari TNGA-C. Selain itu, TNGA-B memiliki center yang lebih rendah dari platform sebelumnya.

Karena tergolong masih baru, maka untuk saat ini hanya Yaris Facelift 2020 yang menggunakan platform TNGA-B. Kabarnya, Toyota juga akan menerapkannya pada model FT-4X Concept. Jika benar-benar diproduksi, maka akan dibangun di pabriknya yang berlokasi di Alabama. Soal Yaris masih harus menunggu kepastian dari produsen mobil asal Jepang ini.

Sepertinya cukup menarik jika mobil facelift Toyota di masa yang akan datang dapat menggunakan platform ini. Meski info lebih detailnya masih belum diungkap sepenuhnya.

Referensi: Detik.com (10/09/2019)

1 Comment

Leave a Reply