Toyota Yaris Facelift Gunakan Platform TNGA Terbaru

0

RiderTua Blog – Toyota Yaris menjadi mobil yang laris manis di segmennya. Walau harus bersaing ketat dengan Honda Jazz, Yaris seperti tak terkalahkan selama beberapa tahun terakhir. Meski segmennya terus tergeser oleh SUV dan MPV. Toyota Yaris Facelift gunakan platform TNGA terbaru.

Baca juga: Toyota Innova Generasi Selanjutnya akan Hadir di Tahun 2021 ?
Yaris Facelift (Carbuzz.com)

Toyota Yaris Facelift Gunakan Platform TNGA Terbaru

Namun sepertinya Yaris belum mendapat pembaruan sejak terakhir disegarkan pada sekitar tahun 2017 lalu. Di Indonesia, Toyota Astra Motor (TAM) membawa facelift generasi ketiga untuk mobil ini pada tahun 2018. Sementara di Malaysia baru diluncurkan pada tanggal 11 April lalu.

Beredar kabar bahwa Toyota akan meluncurkan facelift model 2020 untuk Yaris di Jepang bulan depan. Kabar lainnya menyebut, Yaris Facelift sempat terlihat di Thailand. Menandakan bahwa Yaris Facelift juga akan diluncurkan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Tak banyak informasi mengenai Yaris generasi keempat ini. Dikatakan Yaris Facelift menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) terbaru, yaitu TNGA-B. Platform ini dikembangkan khusus untuk mobil kecil 5 penumpang, sehingga lebih kecil dari TNGA-C.

Bedanya dengan platform TNGA lainnya yaitu memiliki dimensi dan jarak sumbu roda lebih besar. Diklaim lebih kaku, maka Toyota dapat mengaplikasikan torsion-beam atau multi-link. Posisi duduk pengemudi bisa dibuat nyaman.

Karena masih tergolong baru, jadi hanya Yaris yang menggunakan platform ini. Toyota mungkin bisa menggunakannya pada model lainnya di masa yang akan datang.

Referensi: Otosia.com (06/09/2019)

Leave a Reply