Suzuki GSX-Strom 150XT Adventure : Motor Petualang 150 cc dari Suzuki… Kapan ?

RiderTua.com – Nama GS pada motor lansiran Suzuki artinya adalah Grand Sport merupakan varian sport pabrikan Jepang berlogo S itu.  Strom sendiri berasal dari bahasa Jerman yang artinya aliran atau arus ( listrik). Kalau XT sendiri adalah akhiran motor bergenre petualang atau adventure. Berbasiskan produk Suzuki GSX Bandit 150 motor ini menjelma menjadi motor adventrue.. Suzuki GSX-Strom 150XT Adventure.

Apa saja ubahannya ?

Pertama dari muka untuk versi adventure memiliki moncong ( jawa: cucuk), membuat motor ini semakin galak menebas angin ( dikit lebay gaya bahasanya.. ). Namun memang dengan ubahan wajah ini merupakan kunci dari transformasi desain secara keseluruhan. Untuk head lamp atau lampu utama tetap memakai bawaan GSX 150 bandit. Lampu kecil di atasnya membuat tampilan semakin artistik.

Lanjut ke atas ada pengaplikasian wind shield atau pelindung angin buat pengendara. Bagian ini juga menguatkan identitas motor petualang / adventure, menahan angin yang menerpa pengendara saat touring jarak jauh, biar gak masuk angin.. Ukuran wind shield ini pas.. gak kecil dan gak gede, jika untuk sekedar tampilan motor ini juga OK diajak jalan ke kota-kota buat gaya.. Berpetualang di mall..

Bagian lain yang membuat motor makin dekat aura ” mblayang” alias touring adalah pemakain hand guard. Fungsinya bukan biar tangan gak masuk angin, tapi Handguard menjadi sebuah aksesoris untuk sepeda motor adventure yang diletakan pada bagian depan handgrip motor. Untuk motor petualangan fungsinya agar tangan pengendara terutama jari tidak mudah terkena ranting-ranting pohon, ketika melewati hutan.. mencegah terkena lontaran batu / kerikil.. Mencegah tuas rem dan kopling patah saat jatuh. Dan yang paling sering adalah meminimalisir terpaan angin pada tangan apalagi pas malam hari.

Suzuki V-Strom 650XT Adventure 2020
Suzuki V-Strom 650XT Adventure 2020

Berikutnya dibagian samping ada besi pipa pelindung bodi dan mesin. Penerapan box samping dan yang paling penting adalah penerapan velg jari-jari..  Namun sayangnya semua ini masih dalam bentuk hayalan penulis saja.. Suzuki kemungkinan tidak atau belum memproduksi varian adventure 150cc ini.. Namun kita bisa memodifikasi motor Suzuki GSX 150 bandit kita menjadi Suzuki GSX-Strom 150XT Adventure. Basis motor Bandit memang sudah nyaman dan maknyuss… Apalagi di modif mendekati motor petualang gini.. stang di buat meliuk-liuk lagi  tambah uenteng mas bro.. Ra percoyo..? Buktikan…

Artikel Terkait:

3 Comments

Leave a Reply