Proses Recall Airbag Toyota Rush Masih Berlanjut

New Toyota Rush 2018 White
New Toyota Rush 2018 White

RiderTua Blog – Pada bulan Juli lalu, Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan penarikan unit mobil atau recall terhadap low SUV Rush. Tercatat ada 60 ribu unit yang terdampak recall ini sehingga harus segera diperbaiki. Proses recall airbag Toyota Rush masih berlanjut.

Baca juga: Toyota Siapkan Line-Up Mobil Listrik di Indonesia
toyota-rush-2018
toyota-rush-2018

Proses Recall Airbag Toyota Rush Masih Berlanjut

Recall ini menyangkut masalah pada salah satu komponen airbag-nya. Tapi bukan airbag Takata, melainkan komponen Curtain Shield Airbag pada ECU. Sehingga harus diperbaiki di dealer resmi Toyota.

TAM sudah mengirim pemberitahuan recall kepada 60 ribu unit Rush yang terdampak. Dari total tersebut, sudah 29.662 unit mobil yang diganti komponen ECU airbag-nya.

Angka ini tentu tidak sedikit, mengingat jumlah penjualannya yang cukup banyak. Bahkan, unit untuk diekspor ke negara lain juga ikut kena imbasnya. Tapi itu semua tergantung dari pihak distributor negara tujuan.

New Toyota Rush 2018 Interior
New Toyota Rush 2018 Interior

Rush yang di-recall merupakan unit dengan produksi dari bulan Desember 2017 hingga Februari 2019. Untuk Terios sendiri tidak ikut ditarik, walau kembaran dengan Rush. Karena mobil ini tidak dilengkapi dengan side curtain airbag.

Masalah ditemukan pada program control module yang menyebabkan airbag tiba-tiba mengembang dalam keadaan mobil dijalankan seperti biasanya tanpa ada tabrakan. Agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan, maka TAM harus melakukan recall ini.

Referensi: Detik.com (29/08/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply