Aliansi Toyota-Suzuki akan Kembangkan Mobil Otonom

logo kerjasama toyota dan suzuki
(Foto: Autos.id) logo kerjasama toyota dan suzuki

RiderTua Blog – Makin banyak produsen mobil yang melakukan kerja sama untuk menghasilkan mobil otonom. Setelah sebelumnya Audi dengan Mercedes-Benz dan BMW, kali ini Toyota-Suzuki juga ingin membuat mobil tanpa supir. Aliansi Toyota-Suzuki akan kembangkan mobil otonom.

Baca juga: Lakukan Kolaborasi, Inilah Poin Kerja Sama Toyota-Suzuki
(Foto: Gaadiwaadi.com)

Aliansi Toyota-Suzuki akan Kembangkan Mobil Otonom

Sejak menandatangani kerja sama pada bulan Oktober 2016 lalu, Toyota dan Suzuki sudah memiliki rencana dalam pengembangan mobil. Keduanya memiliki keahlian berbeda sehingga jika bekerja sama akan lebih baik. Toyota ahlinya dalam elektrifikasi mobil, sementara Suzuki ahlinya mobil kecil.

Salah satu rencana selanjutnya yaitu membuat mobil otonom. Sebenarnya produsen mobil bisa membuat mobil otonom sendiri. Namun biaya pengembangan teknologinya bisa sangat mahal, sehingga kerja sama dengan produsen lain bisa menjadi solusi dari pendanaan pengembangan ini.

Baik Toyota maupun Suzuki belum memiliki teknologi otonom. Sehingga tidak masalah bagi keduanya untuk memulainya. Entah mobil mana yang akan mendapat teknologi otonom tersebut.

Setelah melakukan kerja sama, keduanya juga saling ‘tukar mobil’. Suzuki membuat Ertiga dan Baleno untuk dijual oleh Toyota. Sementara Toyota membuat RAV4 dan Corolla untuk dijual oleh Suzuki. Tapi kerja sama ini hanya terasa di India saja. Entah apakah keduanya mau memperluasnya hingga ke negara lain, termasuk Indonesia.

Referensi: Detik.com (28/08/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply