Ketika Nissan X-Trail dan Terra Tak Rebutan Konsumen…

0

RiderTua Mobil – Jauh sebelum Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan Terra, X-Trail sudah dijual lebih dulu di Indonesia. Mobil SUV ini pertama kali dijual pada sekitar tahun 2001 dan masih bertahan hingga kini. Walau pamornya sudah tak lagi bersinar seperti dulu. Ketika Nissan X-Trail dan Terra tak rebutan konsumen.

Baca juga: Dampak PHK Pekerja, Mobil Ini Disuntik Mati oleh Nissan
(Foto: YouTube)

Ketika Nissan X-Trail dan Terra Tak Rebutan Konsumen…

Namun NMI kemudian tertarik untuk membawa Terra ke Indonesia. Terra memiliki spesifikasi yang sama dengan Filipina. Selain itu, SUV ‘bertampang Navara’ ini lebih modern dari X-Trail, walau sempat mendapat facelift terbarunya di GIIAS 2019.

Banyak orang yang mulai mempertanyakan kehadiran Terra, padahal Nissan masih memiliki X-Trail. Ditakutkan keduanya akan saling ‘makan’ tempat di segmen SUV. Lalu bagaimana tanggapan NMI?

NMI mengatakan kalau baik X-Trail dan Terra memang sama-sama mobil SUV. Namun keduanya ditempatkan dalam target pasar yang berbeda. X-Trail ditujukan untuk kaum urban, sementara Terra mengarah ke pecinta off-road.

Terra dianggap sebagai mobil off-road karena memiliki sasis tangga (ladder frame) yang tangguh. Untuk X-Trail menggunakan sasis monokok sehingga cocok dikendarai di jalan perkotaan. Perbedaan lainnya tentu saja desain eksterior kedua mobil ini. Perbedaan tersebut akan membuat keduanya tidak saling rebutan konsumen.

Karena berada di segmen yang sama, X-Trail dan Terra memiliki rival yang sama pula. Seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Isuzu MU-X, dan Chevrolet Trailblazer.

Referensi: Kompas.com (05/08/2019)

Leave a Reply