Pabrik Nissan di Indonesia Ternyata Sudah Stop Produksi

Pabrik Nissan di Jepang Diijinkan Produksi Lagi

RiderTua Mobil – Penjualan Nissan Motor Indonesia (NMI) mulai dipertanyakan oleh sebagian orang. Tak seperti produsen mobil lainnya, penjualan NMI menunjukkan penurunan. Memang penurunan ini juga terlihat pada penjualan global. Pabrik Nissan di Indonesia ternyata sudah stop produksi.

Baca juga: Bisakah Livina ‘Xpander’ Menjadi Penyelamat Nissan ?

Pabrik Nissan di Indonesia Ternyata Sudah Stop Produksi

Padahal Nissan sudah memiliki pabrik produksi sendiri yang ada di Purwarkarta, Jawa Barat. Namun ternyata pabrik tersebut sudah berhenti memproduksi mobil Nissan.

Walaupun begitu, Datsun masih memproduksi mobilnya disini. Datsun Go, Go+, dan Cross merupakan mobil yang diproduksi di pabrik Nissan. Dari Januari hingga Juni 2019, Datsun sudah memproduksi 2.596 mobil.

Berhentinya produksi mobil Nissan tercatat terjadi pada bulan Februari 2019 lalu. Saat itu, Nissan meluncurkan Livina dengan major facelift. Livina ‘Xpander’ ini diproduksi di pabrik Mitsubishi di Cikarang. Artinya, NMI sudah tidak produksi mobil Livina lagi.

NMI lebih memilih mendatangkan mobil dari Thailand atau Jepang. Mobil yang didatangkan dari Negeri Sakura yaitu Livina, Serena, X-Trail, Terra, Navara, Elgrand, March, dan Juke. Sisanya dari Thailand.

Sebelum diketahui berhenti produksi, beredar isu pemberhentian produksi mobil Nissan pada Maret 2018 lalu. Saat itu NMI membantah kabar tersebut. Sayangnya, kabar tersebut menjadi kenyataan pada Februari lalu.

Referensi: Detik.com (30/07/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply