Bisakah Livina ‘Xpander’ Menjadi Penyelamat Nissan ?

RiderTua Mobil – Livina menjadi salah satu model andalan Nissan Motor Indonesia (NMI) selama ini. Memang tak hanya LMPV ini yang diandalkan dalam penjualan Nissan. Namun Livina diandalkan untuk menggempur segmen mobil sejuta umat. Bisakah Livina ‘Xpander’ menjadi penyelamat Nissan.

Baca juga: Penjualan Nissan Livina yang Masih Terus Digenjot

Bisakah Livina ‘Xpander’ Menjadi Penyelamat Nissan ?

Sementara itu, Nissan masih harus berusaha untuk meningkatkan penjualannya, baik di Indonesia maupun global. Hal ini karena selama beberapa tahun terakhir, penjualan produsen mobil ini menunjukkan penurunan. Akibatnya, Nissan mulai tertinggal dari kompetitor lainnya.

Penyebabnya tak lain adalah minimnya mobil baru atau full facelift yang diluncurkan. Nissan paling sering melakukan minor facelift untuk model lama. Salah satunya yaitu Livina.

Dengan semakin sengitnya segmen LMPV, NMI akhirnya meluncurkan major facelift Livina. Pembaruan ini diluncurkan pada bulan Februari lalu, dengan membawa desain yang mirip dengan Mitsubishi Xpander.

Sejak peluncuran facelift ini, banyak yang berharap kehadiran Livina ‘Xpander’ ini mampu menyelamatkan Nissan dari penurunan penjualan. Selama ini, penjualan Livina terus menurun. Di awal tahun pertama, Livina mampu terjual hingga 4.197 unit. Di tahun 2013, Livina mencatatkan 35.422 unit terjual dan menjadi tahun kejayaan LMPV Nissan ini.

Namun di tahun selanjutnya sudah terlihat penurunan penjualan yang drastis. Setelah melalui beberapa minor facelift, barulah NMI meluncurkan full facelift Livina. Walau masih tertinggal jauh dari ‘kembarannya’, Xpander, setidaknya Livina terbaru ini sudah kembali masuk dalam daftar mobil terlaris di Indonesia.

Referensi: Detik.com (29/07/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply