Tanpa Elektronik Motor MotoGP Jaman Rossi Lebih Berbahaya di Mugello !

0


RiderTua MotoGP – Sirkuit Mugello merupakan sirkuit modern, perpaduan antara tikungan cepat dan lambat, dengan long straight yang panjang membuat Mugello menjadi sirkuit yang menantang bagi para pembalap dan insinyur peracik mesin balap. Mugello memiliki 15 tikungan dengan panjang 3.26. Terletak di perbukitan, dengan kontur tanah naik turun. Di trek lurus yang terpanjang ini motor mampu dipacu dengan kecepatan 356 km / jam. sebelum akhirnya mengerem kuat ketika bertemu tikungan pertama yang menanjak. Tanpa Elektronik Motor MotoGP Jaman Rossi Lebih Berbahaya di Mugello !

Tanpa Elektronik Motor MotoGP Jaman Rossi Lebih Berbahaya di Mugello !

Dengan kondisi tanjakan setelah tikungan lurus ini motor MotoGP “rudal modern” bisa lepas landas bagai pesawat terbang. Situasi ini yang paling diingat Valentino Rossi tentang GP Italia rumah-nya. Kritikan yang sering dilontarkan pembalap adalah area itu. “Area itu selalu menakutkan dan setiap belokan adalah sensasi spesial. Sedikit berbeda dengan motor 500cc. Perbedaannya adalah kecepatan. MotoGP membuat segalanya lebih menakutkan, karena pebalap bisa sampai di sana lebih cepat dan lepas landas dengan kedua roda.” kata Valentino Rossi.

Tidak ada kontrol wheelie

Sepeda motor bisa melompati di punggung bukit itu dengan kedua ban dan kehilangan kontak dengan aspal. Ini adalah titik yang rumit pada kecepatan tinggi saat ini. Dengan 500cc, itu lebih sulit karena wheelie, tidak ada kontrol wheelie, pembalap jaman dulu harus mengendalikan itu dengan gas, kata Rossi.

Pada tahun 2018 Michele Pirro, tes rider Ducati, mengalami kecelakaan serius pada saat tes tersebut. Pengembangan motor MotoGP tidak berhenti, dari tahun ke tahun semakin kuat dan lebih cepat. Pada tahun 2001 waktu Rossi di Honda 500cc dia tercepat dengan waktu 1’52,554 menit. Kecepatan tertingginya dalam kualifikasi adalah 306 km / jam.

Pada 2019, Marc Marquez mencetak rekor lap saat kualifikasi dengan waktu 1’45,519 menit. Kecepatan terbaik Pirro di Q2 adalah 349,9 km / jam.

Leave a Reply