Pajak Naik, Harga Mobil LCGC Tak Murah Lagi ?

deretan mobil lcgc

RiderTua Mobil – Banyak konsumen yang mengidamkan mobil dengan harga terjangkau. Para produsen mobil memang menawarkan mobil dengan harga termurah, walaupun banyak fitur yang ditanggalkan. Pajak naik, harga mobil LCGC tak murah lagi.

Baca juga: Tren Mobil LCGC 5-Seater Mulai Tergeser, 7-Seater ‘Naik Daun’
mobil-lcgc
mobil-lcgc

Pajak Naik, Harga Mobil LCGC Tak Murah Lagi ?

Di Indonesia ada satu varian mobil yang dikhususkan bagi konsumen dengan low budget, yaitu LCGC. Mobil ini selain murah juga memiliki kemampuan mesin yang agak kecil daripada hatchback. Meskipun begitu, penjualannya tetap lancar sampai sekarang.

Namun semua berubah saat pemerintah mulai menetapkan harmonisasi skema PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) untuk roda empat. Dimana LCGC mengalami kenaikan PPnBM sebesar 3 persen dari sebelumnya nol persen.

Bagaimana bisa? Ternyata skema PPnBM kini tidak berdasar dari kapasitas mesin, namun emisi CO2. Jika emisinya lebih rendah, maka akan terkena pajak lebih rendah, begitupun sebaliknya.

Ternyata hal ini dilakukan agar memberi ruang bagi mobil listrik. Memang Indonesia saat ini masih dalam proses memasuki era kendaraan listrik, walau terlambat. Setidaknya, ini bisa menjadi peluang agar mobil listrik bisa laris di pasaran.

Dengan adanya kenaikan ini, maka harga mobil LCGC bisa ikut naik. Sebenarnya harga minimal untuk sebuah mobil LCGC yaitu Rp 95 juta. Namun kini harga termurah untuk LCGC mulai dari Rp 100-150 juta.

1 Comment

  1. Hmmm… bila mobil LCGC baru harganya naik karena kebijakan ini, misal tembus diangka 180-200 jtan.. maka beruntunglah yang punya LCGC tahun lama dan akan dijual… karena pasar 100jt an jadi g ada, otomatis harga bekasnya naik ya, karena permintaan mobil diharga segitu akan banyak sekali… sementara yang main di harga segitu dalam kondisi baru palingan wuling convero aja…

Leave a Reply