Tren Mobil LCGC 5-Seater Mulai Tergeser, 7-Seater ‘Naik Daun’

datsun go+ vs toyota calya-daihatsu sigra
(Foto: CarSpiritPK) datsun go+ vs toyota calya-daihatsu sigra

RiderTua Mobil – Boleh dibilang mobil LCGC (Low Cost Green Car) menjadi mobil favorit konsumen Indonesia saat ini. Walau penjualannya masih belum mendominasi MPV atau SUV. Penggunanya bahkan terus meningkat dari tahun ke tahun. Tren mobil LCGC 5-seater mulai tergeser, 7-seater ‘naik daun’.

Baca juga: Inikah Penantang LCGC Mini Toyota Agya dari Kia ?

Tren Mobil LCGC 5-Seater Mulai Tergeser, 7-Seater ‘Naik Daun’

Terhitung sejak tahun 2013, sudah ada beberapa mobil LCGC yang tersedia di Indonesia. Antara lain Agya-Ayla, Sigra-Calya, Datsun Go Series, Honda Brio Satya, dan Suzuki Karimun Wagon R.

Dari beberapa model LCGC, Sigra-Calya yang satu-satunya dibekali dengan 7-seater. Datsun Go walau merupakan 5-seater, namun memiliki konfigurasi jok 5+2.

Ternyata LCGC 7-seater paling banyak peminatnya daripada LCGC 5-seater. Selama dua tahun terakhir, penjualan LCGC 7-seater mengalami peningkatan. Sebaliknya untuk 5-seater justru mengalami penurunan.

Baik Toyota dan Daihatsu sudah melihat adanya peningkatan tren LCGC 7-seater ini. Memang tidak hanya LCGC saja, tetapi juga MPV dan SUV. Untuk SUV 7-seater sendiri ada Rush-Terios Facelift.

Kembali soal LCGC, mengenai rencana program LCGC jilid 2 Toyota sudah siap menyambutnya. Tentu apapun regulasi dan aturan dari pemerintah mengenai mobil murah ini, Toyota akan mengikutinya. Entah dengan naik daunnya LCGC 7-seater ini akan memojokkan LCGC 5-seater.

Be the first to comment

Leave a Reply