Proton Masih Tetap Eksis di Indonesia Walau Tidak Sering Aktif

RiderTua Mobil – Kabar merek mobil asal Malaysia, Proton, seperti menghilang begitu saja. Memang akhir-akhir ini Proton tidak tampak melakukan aktivitas penjualan. Bahkan hanya untuk hadir di pameran mobil Indonesia. Proton masih tetap eksis di Indonesia walau tidak sering aktif.

Baca juga: Tren Mobil LCGC 5-Seater Mulai Tergeser, 7-Seater ‘Naik Daun’
Proton-Exora
(Foto: Carvaganza.com) Proton-Exora

Proton Masih Tetap Eksis di Indonesia Walau Tidak Sering Aktif

Keaktifan produsen mobil Negeri Jiran ini masih meninggalkan tanda tanya. Terakhir Proton meluncurkan hatchback Iriz di Indonesia pada bulan Februari 2017 lalu. Sejak saat itu, kabarnya sudah tidak terdengar lagi.

Proton mengakui kalau akhir-akhir ini tidak ada aktivitas peluncuran model baru. Walaupun begitu, Proton tetap berjualan seperti biasanya dan tidak akan ‘minggat’. Lagipula, Indonesia sudah lama menjadi pasar utama bagi sejumlah produsen otomotif, terutama Proton.

Untuk pelayanan servis, Proton masih memiliki 23 bengkel aktif yang tersebar di Indonesia. Proton juga mengusahakan agar ketersediaan suku cadangnya sesuai dengan kebutuhan konsumen Tanah Air.

Ketidakaktifan Proton di Indonesia mungkin ada kaitannya dengan restrukturisasi bisnisnya. Tahun 2017 lalu, sebagian besar sahamnya sudah diakuisisi oleh Geely. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan ekspor mobil. Tercatat pada tahun 2018 sudah terlihat peningkatan ekspor Proton hingga lima kali lipat.

Be the first to comment

Leave a Reply