Pabrik di Inggris Ditutup, Honda Civic Type R Terancam ‘Punah’ ?

Honda-Civic-Type-R-GIIAS-2017
Honda-Civic-Type-R-GIIAS-2017

RiderTua Mobil – Secara mengejutkan Honda mengumumkan bahwa pabriknya di Swindon, Inggris, akan ditutup tahun 2021 mendatang. Pabrik tersebut diketahui merupakan tempat produksi Civic Type R yang terkenal karena kecepatannya. Pabrik di Inggris ditutup, Honda Civic Type R terancam ‘punah’.

Baca juga: Akan Ada Dua Mobil Baru dari Honda Bulan Ini ?

Pabrik di Inggris Ditutup, Honda Civic Type R Terancam ‘Punah’ ?

Honda kemudian menjelaskan mengapa mereka harus menutup pabrik Swindon. Hal ini mengingat perubahan di industri otomotif yang mengarah ke kendaraan listrik. Tentu Honda tak ingin ketinggalan untuk mengikuti tren ini.

Tapi tentu mereka harus ‘mengorbankan’ salah satu pabrik produksinya agar bisa terwujud. Pabrik Swindon masih akan terus memproduksi sampai tahap akhir lifecycle produk yang dirakit disana. Tentu salah satunya yaitu Civic Type R.

Tidak bisa dipungkiri kalau mobil ini sudah terkenal dimana-mana, termasuk di Indonesia. Dengan harga yang hampir mencapai Rp 1 miliar, Type R memiliki berbagai keunggulan daripada Civic biasa. Seperti perfoma mesin yang lebih agresif dan cocok dikendarai di sirkuit balap.

Langkah yang diambil Honda ini sudah dinilai tepat oleh SMMT (Society of Motor Manufacturer and Traders). Walau sebenarnya perkembangan teknologi di dunia otomotif seperti ‘memaksa’ Honda untuk memutuskan hal tersebut. Untuk Civic Type R sendiri, Honda mungkin bisa memindahkan produksinya ke Jepang.

Be the first to comment

Leave a Reply