McLaren P1 GTR Ayrton Senna untuk Mengenang Sang Pembalap Legendaris

RiderTua Mobil – Mungkin bagi pecinta balap mobil F1 sudah tak asing lagi dengan Aryton Senna. Dia merupakan pembalap tim McLaren yang sudah mendapat juara dunia tiga kali. Sayang, ia tewas dalam kecelakaan tragis saat balapan di sirkuit Imola pada tahun 1994. McLaren P1 GTR Ayrton Senna untuk mengenang sang pembalap legendaris.

Baca juga: ‘Speedtail’ Supercar McLaren Sanggup Asapi Bugatti Chiron

McLaren P1 GTR Ayrton Senna untuk Mengenang Sang Pembalap Legendaris

Kini sudah 30 tahun sejak gelar pertama untuk Ayrton Senna, dan McLaren ingin melakukan sesuatu untuk menghormati sang legenda F1. Dengan cara memodifikasi mobil sport P1 GTR menjadi semirip mungkin dengan mobil balap Senna. Mobil ini dibuat oleh McLaren Special Operations (MSO).

Mobil ini memiliki desain cat yang sama dengan livery pada McLaren MP4/4 yang dipakai Senna saat masih mengikuti balap. Dengan warna putih dan merah khas Marlboro lengkap dengan spoiler belakang. Bagian samping mobil terlihat ada emblem ‘Senna Drive to Perfection’ dan bendera Brazil.

Bagian interiornya juga terlihat emblem yang sama. MonoCage yang dilapisi dengan serat karbon terdapat tulisan ‘I’m not designed to finish 2nd or 3rd, I am designed to win’. Ini merupakan quote terkenal dari Senna.

Bagian mesinnya dikatakan sudah diubah oleh pemiliknya. Namun tidak dijelaskan ubahan pada jeroan mobil tersebut. Meskipun begitu, mobil ini sanggup melaju hingga 349 km/jam dan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 2,8 detik. Ini berkat pengurangan bobot hingga 50 kg.

Si pemilik mencantumkan angka 12 yang merupakan nomor Senna pada mobilnya. Yang unik adalah P1 GTR yang dimodif merupakan unit ke-12 dari total 58 unit yang dibuat oleh MSO. Sayang mobil ini tidak diproduksi massal, hanya sebatas mobil modifikasi.

Sumber: Liputan6.com (23/12/18)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives