Ternyata 6 Produsen Mobil Ini yang Awalnya Tidak Membuat Mobil

RiderTua Mobil – Mungkin banyak yang tidak mengetahui bagaimana sejarah suatu produsen mobil. Apalagi mengenai asal usulnya. Ada yang pertama kali langsung membuat mobil, ada juga yang ternyata bukan membuat mobil. Ternyata 6 produsen mobil ini yang awalnya tidak membuat mobil.

Baca juga: Produsen Mobil China Berani Menantang Rival di Indonesia
(Foto: CarShowroom) peugeot e-legend and peugeot 540

Ternyata 6 Produsen Mobil Ini yang Awalnya Tidak Membuat Mobil

Seperti salah satunya yaitu Opel. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1862 ini ternyata awalnya bermarkas di kandang sapi kota Russelsheim dan memproduksi mesin jahit serta sepeda roda tinggi. Baru 37 tahun setelahnya, Opel sudah memproduksi mobil sampai sekarang, setelah bekerja sama dengan Friedrich Lutzmann.

Peugeot pada awal pendiriannya dikenal sebagai produsen sepeda. Namun tak hanya itu saja, Peugeot juga membuat penggiling kopi, lada, dan garam, pengolahan besi, bahkan senjata pada masa Perang Dunia I. Ternyata produk-produk tersebut laris manis di pasaran.

Produsen mobil Hyundai ternyata hanya divisi dari Hyundai Group. Perusahaan ini sudah dikenal sebagai produsen barang elektronik dan industri berat sejak tahun 1947. Sementara Skoda awalnya adalah produsen sepeda seperti Peugeot.

(Foto: Toyota Sidoarjo)

Sejarah Toyota pasti sudah banyak yang tahu, karena awalnya produsen mobil terbesar di dunia ini merupakan produsen mesin tenun. Mulanya nama Toyota aslinya adalah Toyoda yang berarti ‘tanah subur’. Namun akhirnya diganti agar bisa diucapkan dengan mudah.

Berbeda dengan produsen-produsen sebelumnya, Mazda ternyata bermula sebagai produsen gabus tutup botol. Mungkin terdengar aneh, tapi itu terjadi sejak pendiriannya pada tahun 1920. Tujuh tahun kemudian, Mazda baru memproduksi kendaraan.

Sumber: Detik.com (22/12/18)

Be the first to comment

Leave a Reply