Pabrik Hyundai di Indonesia Bisa Produksi Mobil Listrik

RiderTua Mobil – Hyundai Motor Corporation (HMC) sudah semakin mantap untuk mendirikan pabrik di Indonesia. Produsen mobil asal Korea Selatan ini hanya butuh waktu tidak sampai seminggu untuk memutuskannya. Berbagai persiapan sudah dilakukan, seperti dana dan lokasi pabrik. Pabrik Hyundai di Indonesia bisa produksi mobil listrik.

Baca juga: Hyundai akan Dirikan Pabrik Produksi di Indonesia Tahun Depan
(Foto: Uzone)

Pabrik Hyundai di Indonesia Bisa Produksi Mobil Listrik

Untuk bisa mewujudkannya, Hyundai rela menggelontorkan dana sebesar 880 juta dolar AS. Tentu ini biaya yang tidak sedikit, mengingat ini merupakan pembangunan pabrik. Apalagi itu belum dihitung dari biaya teknologi yang akan diterapkan.

Hyundai menargetkan pabrik tersebut bisa memproduksi hingga 250 ribu unit mobil per tahunnya. Lokasinya masih belum ditentukan, entah di Purwakarta atau Karawang. Pabrik ini ternyata akan berafiliasi dengan Kia Motors.

Hyundai dan KIA
(Foto: Otomotif Kompas) Hyundai dan KIA

Hyundai melihat adanya potensi yang dimiliki di Indonesia. Yaitu memiliki cadangan biji nikel laterit yang cukup banyak. Bahan ini biasanya dibuat untuk baterai lithium pada mobil listrik. Kemudian Hyundai tertarik ingin mengembangkan mobil listrik di Indonesia.

Namun sebenarnya Hyundai belum bisa memikirkan sampai ke situ. Mereka harus mengurusi pendirian pabriknya terlebih dahulu. Termasuk menunggu hingga regulasi kendaraan listrik disahkan oleh pemerintah. Kini Hyundai masih melakukan negosiasi lahan untuk membangun pabrik.

Mungkin mobil listrik Hyundai belum banyak dijual. Hanya ada beberapa model saja yang merupakan mobil listrik. Belum diketahui apakah model tersebut bisa dibawa ke Indonesia atau tidak.

Sumber: Kompas.com (21/12/18)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives