Produsen Mobil China Berani Menantang Rival di Indonesia

dfsk-glory-580-iims-2018
(foto: www.Trbunnews.com) dfsk-glory-580-iims-2018

RiderTua mobil – Kehadiran dua produsen mobil dari China seperti Wuling dan DFSK Sokon menjadi kabar yang mengejutkan. Pasalnya selama ini pasar otomotif Indonesia dikuasai oleh produsen asal Jepang dan Eropa. Baru kali ini ada produsen China yang berani melakukan usaha jangka panjang. Produsen mobil China berani menantang rival di Indonesia.

Baca juga: DFSK Ingin Menepis Stigma Negatif Mobil China di Indonesia
(Foto: Tribunnews.com)

Pendatang Baru, Masalah Baru?

Wuling mulai serius saat pertama kali hadir di Indonesia. Sasarannya yaitu segmen MPV yang sedang nge-tren dengan meluncurkan Confero dan Cortez. Tentu ini tidak akan mudah karena Confero menghadapi persaingan keras dengan Mitsubishi Xpander yang juga pendatang baru di segmen LMPV dan rival dari merek lain yang juga cukup kuat. Sementara Cortez hanya akan berhadapan dengan Innova.

Sementara DFSK Sokon memiliki Glory 580 dan kendaraan niaga Super Cab. Meski tidak terlalu laris SUV Glory 580 masih terlihat transaksi penjualannya, ini berbanding terbalik sama Super Cab yang tidak tercatat adanya penjualan sama sekali. Entah apakah DFSK akan terus fokus ke segmen kendaraan niaga atau tidak.

Baik Wuling dan DFSK Sokon, bersaing di pasar otomotif Indonesia bukanlah hal yang mudah. Ini disebabkan karena citra produk China yang buruk di mata konsumen Indonesia. Produsen mobil yang sama-sama dari China, selain Wuling dan DFSK, dulu pernah berjualan di Tanah Air sebelum akhirnya pergi karena tidak laku.

Karena itulah keduanya berusaha keras untuk mengenyahkan anggapan tersebut. Wuling bahkan sudah menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk membangun pabrik produksinya di Indonesia. Sementara DFSK yang hadir duluan sebelum Wuling masih harus mengembangkan produksinya lebih jauh agar tidak tertinggal.

Be the first to comment

Leave a Reply