Data Apa Saja Yang Terekam Pada Black Box Mobil ?


ktm indonesia

(Foto: Liputan6.com)

RiderTua Mobil – Kecelakaan pesawat Lion Air JT610 lagi-lagi membuat dunia transportasi Indonesia berduka. Saat ada kecelakaan pesawat maka yang paling dicari untuk mengetahui penyebab kejadian adalah kotak hitam atau black box. Nah, mobil-mobil zaman now juga sduah dilengkapi alat canggih ini. Data apa saja yang terekam pada black box mobil ?

Baca juga: Mobil Ternyata Juga Punya ‘Blackbox’, Seperti Apa?
(foto: Industrial Accident Reconstruction)

EDR (Event Data Recorder)

Black box pada mobil disebut dengan EDR. Mobil-mobil yang dijual di Amerika Serikat mengharuskan setiap mobil memiliki peralatan canggih ini. Alat ini digunakan untuk mengungkapkan fakta dan data saat mobil terlibat kecelakaan. Di dalam alat ini terekam data yang diperlukan untuk kebutuhan investigasi tentang penyebab terjadinya kecelakaan.

EDR pada generasi pertama hanya bisa merekam sedikit data seperti apakah airbag mengembang saat terjadi kecelakaan. Dan seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, pihak NHTSA (Badan Keselamatan Lalu Lintas jalan Raya Amerika Serikat) mewajibkan EDR zaman now lebih canggih lagi yaitu bisa merekam 15 variable sekaligus.

(Foto: Oto Detik)

Informasi itu meliputi kecepatan kendaraan, posisi gas, apakah rem ditekan saat kejadian, apakah airbag bisa mengembang, apakah sabuk pengaman digunakan atau tidak, putaran mesin, sudut setir dan lain sebagainya.

Tapi jika hal itu masih dirasa kurang maka pihak produsen mobil bisa menambahkan 30 data lagi yang bisa direkam untuk menambah keakuratan data termasuk GPS, video dan audio.

Be the first to comment

Leave a Reply