Mobil Ternyata Juga Punya ‘Blackbox’, Seperti Apa?



(foto: Liputan6.com)

RiderTua Mobil – Mendengar istilah blackbox mungkin selalu dikaitkan dengan pesawat terbang. Memang karena fitur ini sangatlah penting untuk melihat data rekam jejak pesawat ketika terjadi kecelakaan. Seperti yang terjadi pada pesawat Lion Air JT 610, dimana banyak pihak kini berusaha untuk menemukan blackbox tersebut. Mobil ternyata juga punya ‘blackbox’, seperti apa?

Baca juga: Varian Tertinggi DFSK Glory 580 akan Hadir Maret 2019
(foto: Industrial Accident Reconstruction)

Melihat Data Rekam

Jika menanggap blackbox hanya untuk pesawat nyatanya keliru. Mobil pun memiliki fitur yang mirip dengan kotak hitam. Disebut sebagai Event Data Recorders (EDR), fitur ini mampu merekam keadaan mobil sebelum kecelakaan.

EDR bisa mencatat data seperti kecepatan, penumpang menggunakan sabuk pengaman atau tidak, dan lainnya. Fitur ini terintegrasi dengan Electronic Control Systems dari mobil. Sehingga kedua sistem tersebut bisa bekerja dengan baik.

Fitur EDR biasanya digunakan pada mobil penumpang atau kendaraan komersial. EDR sudah menjadi fitur wajib di Amerika Serikat, bahkan diperkirakan setengah dari semua kendaraan baru yang dijual disana sudah mempunyai fitur ini. Lalu bagaimana dengan di Indonesia?

(Foto: Autonetmagz)

Sebenarnya EDR tidak banyak ditemukan pada semua mobil penumpang maupun kendaraan komersial. Kalaupun ada itupun merupakan mobil mewah. Namun kemungkinan fitur ini sudah ada pada kendaraan komersial seperti angkutan pariwisata.

Mungkin satu-satunya mobil yang memiliki fitur kotak hitam yang dijual di Indonesia yaitu DFSK Glory 580. Bedanya fitur ini dinamakan VRR (Vehicle Running Recorder). VRR bisa merekam aktivitas berkendara dan perjalanan lewat kamera depan. Fitur ini memiliki harddisk penyimpanan video sebesar 16 GB. Jadi pemilik mobil bisa mengunduh datanya jika dibutuhkan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply