Harga Mobil Berubah Karena Euro 4, Bagaimana Gaikindo?


ktm indonesia

pameran-mobil

RiderTua Mobil – Beberapa produsen otomotif di Indonesia sudah menaikkan harga jual mobil. Hal ini tak hanya diakibatkan oleh ‘mengamuknya’ nilai dolar. Tetapi juga setelah ditetapkannya standar emisi Euro 4 pada awal Oktober lalu. Harga mobil berubah karena Euro 4, bagaimana Gaikindo?

Baca juga: Inilah Bocoran Harga Mobil Esemka
(Foto: Kabaroto)

Naik Jutaan Rupiah

Beberapa mobil seperti Xpander sudah mengalami kenaikan. Mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Penetapan harga baru ini mungkin akan mempengaruhi penjualan mobil sepanjang Oktober ini.

Dalam aturan Euro 4 terbaru, setiap mobil yang diproduksi harus menggunakan komponen terbaru, yaitu catalytic converter. Dengan ini, maka mau tak mau produsen mobil harus menaikkan harga mobilnya. Lalu bagaimana Gaikindo menanggapi hal ini?

Ketika ditanyai perihal ini, Gaikindo tidak mau berbicara banyak. Karena memang hal tersebut bukan ranah bagi Gaikindo. Dengan adanya perubahan komponen pada mobil, maka produsen harus menaikkan harganya. Saat ini Gaikindo menolak mengomentari hal tersebut.

mitsubishi xpander active gear 2018
mitsubishi xpander active gear 2018

Sementara itu, Mitsubishi mengatakan bahwa memang kenaikan harga pada Xpander disebabkan oleh penetapan Euro 4. Walau tidak diketahui berapa persen kenaikan tersebut. Kenaikan harga memang disebabkan oleh banyak faktor. Seperti salah satunya pengaruh naik turunnya nilai tukar rupiah ke dolar AS. Hal ini membuat pemerintah Indonesia berupaya untuk mengurangi impor dan menaikkan ekspor, terutama dalam penjualan mobil ke luar negeri.

 

Be the first to comment

Leave a Reply