Harga All New Honda Brio Terdampak Naiknya Dolar?

(Foto: viva)

RiderTua Mobil – Mata uang dolar terus saja berubah-ubah dan berdampak pada nilai mata uang di negara berkembang. Indonesia juga terkena imbasnya, dan kini rupiah sudah tembus di angka Rp 15 ribu lebih. Berbagai upaya terus dilakukan agar bisa menurunkan nilai tukar dolar yang sudah ‘mengamuk’ cukup lama tersebut. Bagaimana dengan harga mobil ?Kena imbasnya kah ?Harga All New Honda Brio terdampak naiknya dolar?

Baca juga: Harga Terbaru Honda Brio, Masih Masuk LCGC ?
(Foto: Detik Oto)

Harga All New Honda Brio Naik

Tentu ini berimbas pada harga jual mobil, walau kenaikan harga ini tidak berlaku untuk semua mobil. Ada yang memilih untuk tidak menaikkan harga meski tergencet dolar naik, namun banyak yang mau tidak mau harus menaikan harga akibat dari ngamuknya dolar. Tetapi ada juga yang tidak menaikkan harga karena operasionalnya tidak menggunakan mata uang dolar seperti produsen asal China. Bagaimana produsen lain menanggapi hal ini?

Honda Prospect Motor (HPM) mengaku bahwa memang dengan kenaikan dolar sudah berimbas pada harga mobilnya. Terutama pada harga All New Brio yang baru diluncurkan di GIIAS 2018 lalu. Harganya naik Rp 10 juta dari harga normalnya.

HPM baru memberi penyegaran untuk LCGC andalannya tersebut. Penggunaan komponen lokalnya sudah 80 persen dan terdapat berbagai variabel perhitungan mulai dari biaya pengembangan baru atau material cost, inflasi, dan nilai tukar rupiah. Ini mungkin yang menyebabkan harga Brio terbaru naik, meskipun dengan semua faktor tersebut sepertinya HPM mau tak mau harus menaikkan harga Brio.

Kalau dibandingkan dengan harga varian lawasnya, harganya naik mulai dari Rp 6,5 juta sampai Rp 10 juta. Meskipun naik, sepertinya ini tidak mengurungkan niat konsumen untuk membelinya. Baru saja HPM menyelenggarakan ‘All New Honda Brio Handover Ceremony’, yaitu penyerahan 200 unit mobil kepada konsumen yang sudah lebih dulu memesan.

(Foto: Merdeka.com)
Berikut harga resmi All New Honda Brio 2018 :
  • Brio Satya S M/T : Rp 139 juta
  • Brio Satya E M/T : Rp 147,5 juta
  • Satya E CVT : Rp 162,5 juta
  • Brio RS M/T : Rp 175 juta
  • Brio RS CVT : Rp 190 juta

Be the first to comment

Leave a Reply