Inilah 5 Mobil yang Menggunakan Mesin Sepeda Motor


ktm indonesia

(Foto: Form Trends)

RiderTua Mobil – Baik mesin mobil ataupun sepeda motor memang memiliki spesifikasi yang berbeda jauh. Hal ini mungkin disesuaikan dengan pengunaannya. Tetapi siapa sangka kalau ternyata ada mobil yang menggunakan mesin sepeda motor. Apa saja? Inilah 5 mobil yang menggunakan mesin sepeda motor.

Baca juga: Motor Unik ini Terbuat dari Barang Bekas Bengkel Mobil
(Foto: Bring a Trailer)Honda N600

Mobil Jadul

Yang pertama yaitu mobil Iso Isetta yang dibuat oleh perusahaan otomotif asal Italia. Mobil yang berjuluk Little Iso from Italy ini menggendong mesin punya skuter. Penampilannya yang mungil membuatnya hanya bisa mengangkut mesin Iso Moto 200 cc satu silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 9,5 dk dan mampu melaju hingga kecepatan 119 km/jam.

Sayangnya mobil ‘motor’ ini tak berumur panjang. Iso kemudian menjual lisensi Isetta ke produsen mobil lain. BMW merupakan salah satu yang membelinya, yang akhirnya mengubah Isetta menjadi BMW 600 dengan empat pintu.

Honda ternyata pernah memproduksi mobil bermesin motor. Yaitu Honda N600, yang dianggap sebagai kei car (sebutan lain mobil mungil) Honda pertama yang dijual di luar Jepang. Walau dijual di Amerika Serikat dan Eropa, mobil yang membawa mesin inline 2 silinder 600 cc ini laris manis disana. Meski kecil mobil ini mampu melaju hingga kecepatan 130km/ajm. Setelah tiga tahun berlalu, N600 bertransformasi menjadi Civic generasi pertama.

Lalu ada Cooper 500. Mobil ini tidak dijual secara umum karena didesain khusus untuk balap mobil Formula 3. Cooper 500 memiliki mesin motor 500 cc satu silinder. Walau kecil, ternyata mobil ini telah mengantar sang pembalap Jack Brabham menjuarai Formula One World Champions 1959.

(Foto: Youtube)BMW i3 REx

Memang kebanyakan mobil bermesin motor ini adalah mobil jadul. Ternyata mobil ‘zaman now’ ada juga yang menggunakannya. Seperti BMW i3 REx, yang bermesin 650 cc dan dapat menghasilkan tenaga 34 hp serta kapasitas tangki 2,4 galon/liter.

(Foto: Morgan Motor Company)Morgan 3-Wheeler

Terakhir ada mobil balap Morgan 3-Wheeler. Jika dilihat mirip Cooper 500, hanya saja mobil bermesin V-Twin ini hanya punya tiga roda saja.

 

Be the first to comment

Leave a Reply