Motor Unik ini Terbuat dari Barang Bekas Bengkel Mobil

(Foto: RideApart)

RiderTua Motor – Adalah Sam Turner, seorang montir diesel  yang bekerja di US Postal Service membuat sebuah motor yang super unik bisa dibilang anti-mainstream. Gimana tidak, lha wong mesinnya menggunakan mesin diesel. Motor unik ini terbuat dari barang bekas bengkel mobil.

Baca juga: Motor Berdesain Unik dan Gokil Namun Bermesin Pesawat
(Foto: Diesel Tech Magazine)

Spare Part Milik Suzuki Swift dan Toyota Camry

Sam Turner dengan ide briliannya berhasil membuat sebuah motor bertenaga diesel, hidrostatik dan menggunakan penggerak empat roda alias all wheel drive. Ini merupakan motor bermesin mobil. Semua spare part yang dipakai motor ini menggunakan barang bekas onderdil mobil yang sudah tidak dipakai lagi di bengkel Turner.

Dapur pacu motor ini menggunakan mesin diesel injeksi V-twin milik Yanmar yang berkapasitas 840cc. Dia juga menambahkan intercoller milik Suzuki Swift, dimana intercoller ini berfungsi untuk menjaga mesin turbochanger RHB31 ini tetap dingin.

Kemudian, roda dengan pelek baja menggunakan punya Toyota Camry dimana sistem pengaturan hidrostatik diaktifkan oleh hub-hidrolik dari model seri Eaton 200. Motor hub-hidrolik ini disokong oleh pompa gigi hidrolik. Penggunaan motor hub-hidrolik ini membutuhkan suspensi khusus. Yaitu menggunakan sepasang 2.500 pom airbag Airmaxx yang didukung coilovers dan dikendalikan oleh sistem leveling khusus.

(Foto: RideApart)

Motor sangar ini mampu dipacu hingga kecepatan 157 km/jam. Meski begitu, besaran tenaga yang dihasilkan dan torsi maksimalnya masih belum dijelaskan. Karena menggunakan mesin diesel layaknya sebuah mobil, motor ini kemungkinan bisa menghasilkan tenaga dan torsi yang besar layaknya sebuah mobil.

Yang unik dari motor ini, saat motor ini diam tak perlu menggunakan standar alias jagang (bahasa Jawanya). Motor ini dijamin tidak akan jatuh karena doi bersandar pada frame railsnya sendiri. Uniknya tak hanya itu, lihat saja ukuran ban yang segede gaban itu. Ciamik.

Motor yang mempunyai panjang 3,4 meter ini butuh mengendalian operasi yang mumpuni. Untuk sistem pengaturan, terdapat kabel-kabel yang terhubung ke spindel depan dan suspensi belakang. Kabel-kabel ini dikendalikan oleh sepasang arm yang mirip stang pada motor biasa.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply