Skoda Ternyata Setara Dengan Toyota dkk, Bukan Merek Premium


ktm indonesia

(Foto: AutoCar India)

RiderTua Mobil – Kehadiran produsen mobil Skoda mulai diperbincangkan sejak pertemuan Indonesia-Ceko beberapa saat yang lalu. Dari pertemuan tersebut, kedua negara akan bekerja sama dalam bidang ekonomi. Tak terkecuali industri otomotif. Skoda ternyata setara dengan Toyota dkk, bukan merek premium.

Baca juga: Bisakah Skoda Bersaing di Pasar Otomotif Indonesia?
(foto: volkswagen-polo-highline-blogspot.com)

Skoda Ternyata Setara Dengan Toyota dkk, Bukan Merek Premium

Sebenarnya Skoda sudah lama mengincar pasar Indonesia sejak tahun 2013. Pasar otomotif Indonesia dinilai memiliki potensi yang besar bagi Skoda. Karena penjualan mobil di Tanah Air dipandang terus tumbuh dengan siginifikan.

Tetapi bagaimana posisi Skoda kalau sudah ada di Indonesia? Jika dilihat, Skoda merupakan produsen yang dipayungi Volkswagen Group. Di Indonesia, merek VW bersama Audi dipegang oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM). Akankah Skoda akan dijual oleh GMM di Indonesia ?

Mengenai hal tersebut, GMM masih belum memastikan. Pasalnya, ada perbedaan unit bisnis dari kedua produsen tersebut. Namun jika sudah ditawari oleh pihak Skoda untuk memasarkan produknya di Indonesia, maka GMM bisa mempertimbangkannya.

(Foto: The Hans Inida)

Jonas Chendana selaku Chief Operating Officer PT. GMM mengatakan

“Skoda itu segmennya medium, sama seperti kendaraan penumpang Volkswagen, bukan golongan merek mewah. Kompetitornya di kelas tengah itu seperti Toyota, Honda, Mazda dan beberapa merek lain. Juga karakter produknya sama seperti VW”

Mengenai kelas yang ditempati oleh Skoda, jika dilihat semua merek yang menaunginya memang merupakan merek premium. Namun GMM mengatakan bahwa Skoda sebenarnya selevel dengan Toyota, Honda, atau Mazda. Tetapi karakter produknya sama seperti Volkswagen. Jadi bisa dibilang Skoda bukan tergolong merek mobil mewah, tak seperti merek mobil Eropa kebanyakan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply