Masih Mau Pakai Penggerak Roda Belakang, Avanza?



toyota-avanza
toyota-avanza

RiderTua Mobil – Boleh dibilang Avanza merupakan salah satu mobil Toyota yang unik. Bagaimana tidak, jika kebanyakan mobil LMPV zaman now menggunakan penggerak roda depan (Front-Wheel Drive/FWD), maka Avanza masih mempertahankan penggerak roda belakang (Rear-Wheel Drive/RWD). Untuk kedepannya, masih mau pakai penggerak roda belakang, Avanza?

Baca juga: Daftar Harga Avanza Cs September 2018

Tak Mau Diganti

Toyota ‘keukeuh’ tidak akan mengganti sistem penggerak pada Avanza. Meski tak dipungkiri, tidak sedikit konsumen Avanza yang meminta ubahan pada sistem penggeraknya. Ini terjadi setelah menyadari bahwa LMPV Toyota ini tidak mendapat pembaruan sejak facelift terakhirnya. Sementara rival di segmennya, salah satunya Ertiga, sudah lebih dulu di-facelift.

Menanggapi permintaan dari konsumennya, Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa itu semua tergantung pada kebutuhan masing-masing negara. Menurutnya jika infrastrukturnya sudah mulus dan maju, maka bisa menggunakan FWD. Tetapi untuk Indonesia, dengan infrastrukturnya yang masih dibangun seperti saat ini, menjadi pertimbangan bagi TAM untuk menggunakan FWD pada Avanza.

(Foto: Detik Oto)

TAM juga menjelaskan beberapa keuntungan dari RWD. Diantaranya kabin lebih luas, mampu membawa lebih banyak barang, dan lebih unggul di tanjakan. Tetapi RWD lemah dalam hal akselerasi yang cepat, tidak seperti FWD. Sebenarnya baik mobil FWD maupun RWD tak masalah jika harus dibawa ke jalanan tanjakan, tapi itupun tergantung skill mengemudinya.

Meskipun begitu, TAM akan tetap mempelajari apakah ada potensi bagi Avanza untuk mendapatkan FWD. Semua hal tersebut memungkinkan bagi mobil MPV-nya itu. Namun semua tergantung pada pasar dan permintaan masing-masing.

 

Be the first to comment

Leave a Reply