Kapan Volkswagen Selesai Bangun Pabrik di Indonesia ?



aliansi vw group
(Foto: DapurPacu.com) aliansi vw group

RiderTua.com – Volkswagen Indonesia sebenarnya sudah mempunyai rencana untuk meneruskan investasi pabrik di Indonesia. Rencana tersebut bahkan sudah dirumuskan sejak tahun 2013 lalu. Namun entah mengapa VW harus menundanya untuk saat ini. Dan kapan Volkswagen selesai bangun pabrik di Indonesia

Baca juga: VW dan Audi Indonesia Stop Jual Mobil Diesel, Apa Alasannya ?
(foto: volkswagen-polo-highline-blogspot.com)

Masalah Dieselgate

Dilansir Kompas.com (21/09/18). Rencana investasi pabrik di Indonesia nantinya bisa menurunkan harga jualnya. Memang kebanyakan model VW merupakan produk impor karena masih belum memiliki pabrik produksinya sendiri. Harganya juga lumayan mahal dan belum bisa bersaing dengan merek mobil Eropa lainnya.

Tetapi sepertinya rencana tersebut memudar sejak Volkswagen tersandung kasus dieselgate. Pada tahun 2015 lalu, VW ketahuan memanipulasi data hasil uji emisi gas karbon pada mobil baru. Sehingga otoritas Eropa memberi hukuman denda pada VW Group. Inilah penyebab mengapa VW harus menunda rencana investasi pabrik di Indonesia.

Kapan Volkswagen Selesai Bangun Pabrik di Indonesia

Sementara itu, penjualan VW di Indonesia masih berjalan normal seperti biasanya. VW menjagokan Polo, Tiguan, dan Scirocco di Indonesia. Walaupun total penjualan semua model VW pasa semester 1 hanya 266 unit saja. Polo 1.2L paling banyak terjual sebanyak 147 unit, Tiguan 103 unit, dan Scirocco 13 unit.

Tak hanya mobil penumpang, VW juga mempunyai kendaraan komersial yang terjual selama semester pertama tahun ini mencapai empat unit saja. Panel Van TDI yang terjual satu unit saja, sementara Transporter TDI dan Caravelle tidak dijual. Entah apakah ada rencana untuk menaikkan penjualan VW di Indonesia atau tidak setelah menjalankan investasi pabrik yang baru dimulai tahun depan.

Be the first to comment

Leave a Reply