Tips Mengendarai Mobil di Turunan Curam



RiderTua Mobil – Banyak kejadian kecelakaan yang diakibatkan pengemudi tak bisa mengendalikan mobil saat menghadapi turunan tajam. Dan kejadian yang lagi hangat dibicarakan adalah kecelakaan bus pariwisata yang menewaskan 21 orang di turunan Letter S Cikidang Sukabumi. Tips mengendarai mobil di turunan curam.

Baca juga: Kendarai Motor Matik di Turunan Siapa Takut ? Ini Tipsnya Agar Rem Enggak Blong
(Foto: Rajamobil.com)

Meminimalisir Kecelakaan

Siapa sih yang mau mengalami kecelakaan saat di jalan. Tetap hati-hati dan waspada dimanapun kita sedang mengendarai kendaraan. Tak hanya itu, kondisi kendaraan juga harus diperhatikan. Semua komponen baik mesin atau piranti pendukung juga harus selalu dalam keadaan fit.

Ada beberapa cara agar kendaraan tetap aman meski menghadapi jalanan yang menurun. Bagi anda pengguna mobil manual, disarankan posisi gigi berada di posisi paling rendah. Hal ini dimaksudkan untuk mendapat efek pengereman mesin (Engine Brake).

China-Tianzi-Mountains Great Gateway di China

Sementara bagi anda yang menggunakan mobil matik apalagi jika turunannya tajam, disarankan anda memindahkan tuas ke posisi L. Jangan pernah sekalipun memposisikan tuas transmisi di posisi N atau netral. Bahaya Mas Bro !

Jika mobil berada di posisi netral maka tidak akan ada efek pengereman mesin. Pengaturan kecepatan mobil hanya mengandalkan rem kaki dan rem tangan saja. Sehingga rem bisa blong lantaran terlalu panas sehingga rem tidak ‘mengigit’ atau mencengkeram kuat roda. Akhirnya laju kendaraan jadi tidak terkendali.

Apapun kondisi saat diperjalanan, baik itu jalan datar biasa atau jalan naik turun berliuk-liuk kuncinya si pengendara harus tetap tenang alias tidak panik. Memang keahlian dan ketrampilan dalam menyetir kendaraan juga menjadi faktor penentu juga. Dan yang terpenting jangan lupa berdoa sebelum berangkat ya Mas Bro!



1 Comment

Leave a Reply