Kendarai Motor Matik di Turunan Siapa Takut ? Ini Tipsnya Agar Rem Enggak Blong



motor matik vs jalan turunan
(Foto: Pricebook) motor matik vs jalan turunan

RiderTua.com – Banyaknya kecelakaan motor matik disebabkan rem blong saat di jalan turunan membuat kita bertanya kok bisa sih padahal motor tergolong masih baru. Apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi ? Kendarai motor matik di turunan siapa takut ? Ini tipsnya agar rem enggak blong.

Baca juga: Tips Naik Moge Bagi Yang Bertubuh Mungil…

Tanpa Engine Brake

Sistem pengereman pada motor matik hanya mengandalkan rem depan dan belakang. Ini sangat beda jika dibanding dengan motor manual yang bisa melakukan engine brake dengan menggunakan gigi rendah.

Menggunakan motor matik di jalan perkotaan sih nyaman sekali. Tapi kalau di jalanan pegunungan yang naik turun wah si pengendara harus ekstra hati-hati terhadap sistem pengereman saat jalanan menurun.

Jika full pakai rem terus menerus, kampas dan piringan rem bisa panas. Dan efeknya remnya tidak bisa mengigit maksimal. Itulah kenapa banyak kejadian rem blong pada motor matik saat di jalanan turunan.

Tips

Dilansir dari DetikOto.com, Andry Berlianto selaku instruktur Safety Riding di Rifat Drive Labs menjelaskan

“Cara mengatasinya adalah tidak menutup penuh gas saat di turunan. Saat gas pada motor matik ditutup penuh, yang terjadi kemudian adalah free wheel yaitu motor akan semakin meluncur. Kondisi ini sama seperti ketika kopling pada motor manual ditarik. Sehingga hal ini menyebabkan kerja rem semakin berat untuk penahan putaran roda”

“Antisipasinya adalah ketika berada di jalan turunan maka gas tetap harus dibuka sedikit. Hal ini bertujuan agar mesin masih aktif. Jadi kayak mesin menderung. Dibuka sedikit, ngenggantung sambil mengoperasikan rem. Jangan biarkan roda terkunci atau menggesek piringan terlalu lama.”

Selain itu, saat pengendara sadar ada turunan di depan, maka motor harus langsung dikurangi kecepatannya. Setelah itu maksimalkan penggunaan rem belakang dan dibantu rem depan secara bertahap



Be the first to comment

Leave a Reply