Inilah Mobil yang Paling Banyak Didatangkan ke Indonesia


ktm indonesia

suzuki ignis 2017
suzuki ignis

RiderTua Mobil – Walau kebanyakan produsen mobil sudah merakit di Indonesia, tetapi tidak sedikit juga mobil yang harus diimpor langsung dari negara asal mobil diproduksi. Tercatat pada periode Januari-Juli 2018, total impor mobil mencapai 59.115 unit. Inilah Mobil yang Paling Banyak Didatangkan ke Indonesia.

Baca juga: Dolar Terus Ngamuk Pemerintah Kurangi Impor CBU
(Foto: whichcar)

Angka Impor Harus Ditekan

Dari total tersebut, Suzuki Ignis yang menjadi mobil paling banyak diimpor. City car ini diimpor langsung CBU dari India lewat Maruti Suzuki. Tercatat 11.812 unit Ignis diimpor dari Negeri Bollywood tersebut, atau berkontribusi 19,98 persen.

Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan Ignis belum bisa diproduksi lokal untuk saat ini, sementara model Suzuki yang lain seperti Ertiga dan Mega Carry sudah dirakit di dalam negeri. Untuk itulah SIS berupaya agar ke depannya bisa merakit Ignis secara lokal. Dengan begitu angka impor bisa ditekan.

toyota-voxy

Lalu peringkat kedua ada Mitsubishi Triton tercatat diimpor CBU dari Thailand sebanyak 7.924 unit (13,40 persen). Dan di posisi ketiga ada Toyota Hilux diimpor CBU sebesar 5.682 unit (9,61 persen). Keduanya yang sama-sama SUV double cabin ini memiliki nasib yang berbeda. Jika Triton masih banyak peminatnya, maka hal sebaliknya terjadi pada Hilux dimana permintaannya justru menurun.

Kemudian masih model dari Suzuki, yaitu New Baleno diimpor CBU dari India sebanyak 4.814 unit (8,14 persen). Mobil ini masih terbilang baru di Indonesia sejak menggantikan Swift. Di posisi kelima ada Toyota Voxy yang diimpor CBU dari Jepang sebanyak 3.534 unit (5,98 persen), peminat akan pengganti NAV1 ini cukup banyak tetapi Toyota belum bisa merakitnya secara lokal.

Be the first to comment

Leave a Reply