Suzuki Swift Hybrid Ikut Mejeng di GIIAS 2018



(Foto: Otomotif-Tempo.co) suzuki swift hybrid di parkiran giias 2018

RiderTua mobil – Pameran bergengsi GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2018 akan dibuka beberapa jam lagi. Jadi pengen kepoin mobil-mobil terbaru yang bakal mejeng. Tetapi ada yang tak mau membocorkan ‘sesuatu yang baru’ tersebut, tak terkecuali Suzuki. Bocorannya, Suzuki Swift Hybrid akan ikut mejeng di GIIAS 2018.

Baca juga: Suzuki Swift Facelift Bakal Sulit Masuk ke Indonesia

‘Obat Pelepas Rindu’?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hanya akan membawa dua mobil baru ke GIIAS 2018. Salah satunya yaitu Suzuki Jimny teranyar yang sudah dirilis di Jepang pada bulan lalu. Mobil ini masih berstatus CBU (Completely Build-Up) sehingga harus ‘ditebus’ melalui jalur inden.

Lalu apa mobil keduanya? Ternyata mobil tersebut adalah Swift Hybrid. Sebenarnya hatchback ramah lingkungan ini diluncurkan di Jepang pada tahun lalu. Namun baru terungkit di Indonesia setahun setelahnya, mungkin karena keberadaan Swift sudah digantikan oleh Baleno Hatchback.

Swift Hybrid ini menggunakan MGU (Motor Generator Unit) yang digabung dengan AGS (Auto Gear Shift). Fitur AGS ini sudah ada pada LCGC Karimun Wagon R dan menjadi ciri khas transmisi dari Suzuki. Sistem ini secara otomotis menghentikan mesin dan mengalihkannya ke motor listrik ketika mobil berjalan dengan kecepatan konstan. Ada dua mode berkendara pada Swift Hybrid, yaitu mengemudi cepat dan efisiensi bahan bakar dengan meningkatkan frekuensi penggunaan EV.

SIS membawa Swift Hybrid untuk mendukung rencana pemerintah dalam pengembangan mobil ramah lingkungan dan emisi rendah. Namun entah apakah mobil ini akan dijual di Indonesia atau tidak, mengingat Swift sudah tidak dijual lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply